Puluhan Rumah di Gunung Tanjung Kabupaten Tasik Terancam Pergerakan Tanah

53
0
PERGESERAN TANAH. Anggota Tagana bersama pemerintah desa dan kedusunan meninjau lokasi rumah warga terdampak, Jumat (5/2/2021). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

GUNUNGTANJUNG – Pergerakan tanah terjadi di Dusun Munjul dan Dusun Kalangsari Desa Bojongsari Kecamatan Gunungtanjung. Akibatnya, 84 rumah serta fasilitas umum retak dan terancam, karena sudah banyak retakan, Jumat (5/2). Dari 84 rumah, sebanyak 15 rumah mengalami retak di bagian dindingnya yang cukup parah.

Staf Bidang Keanggotaan dan Administrasi Tagana Kabupaten Tasikmalaya Cecep Abdul Hapid menjelaskan, pergeseran atau pergerakan tanah selebar 50 centimeter dengan panjang sekitar tiga kilometer membentuk lingkaran dan mengancam 84 kepala keluarga (KK).

“Pergeseran tanah terjadi di dua dusun, yaitu Munjul dan Kalangsari di Desa Bojongsari Kecamatan Gunungtanjung. Tidak ada korban jiwa, namun 84 rumah retak di bagian dindingnya,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Dia menambahkan, 84 rumah yang terdampak, sebanyak 15 rumah rusak berat, 39 rumah rusak sedang, satu rumah rusak ringan dan 29 rumah lainnya terancam.

“Penyebab pergeseran tanah karena memang tingginya intensitas hujan yang terjadi pada akhir-akhir ini, sehingga tanah menjadi labil,” jelasnya.

loading...

Kepala Dusun Munjul, Dayat mengatakan dampak semakin parahnya pergeseran tanah akibat hujan yang terjadi setiap hari.

“Kami sebagai pemerintah kedusunan bersama desa dan Linmas terus mengingatkan agar masyarakat waspada. Termasuk menyarankan untuk mengungsi ke rumah kerabat keluarga yang lebih aman dan sebagian sudah mengungsi,” katanya, menjelaskan. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.