Pungli Uang untuk Pengganti Operasional

117
0
Ojat Sudrajat Inspektur Kota Banjar

BANJAR – SO, oknum pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar yang diduga melakukan pungutan liar (pungli) kepada guru-guru mengakui sudah diperiksa tim dari Inspektorat.

Dia diperiksa atas dugaan pengumpulan uang untuk mengurus kepentingan guru dalam tunjangan jabatan, SK kenaikan pangkat dan inpassing.

“Iya diperiksa Inspektorat. Saya tidak tahu yang diperiksa siapa lagi selain saya. Pemeriksaannya terkait dengan pengumpulan sejumlah uang untuk mengurus kepentingan para guru, tadinya uang itu untuk pengganti operasional,” kata SO kepada Radar, Selasa (23/7).

Dia mengaku pengumpulan sejumlah uang itu dampak dari penghapusan UPT Pendidikan di setiap kecamatan. Sehingga untuk keperluan pengurusan administrasi para guru ke Dinas Pendidikan dikoordinir. “Perkawis sanksi abdi teu terang sareng teu tiasa ngawaler,” ujarnya.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar Ahmad Yani mendukung upaya Inspektorat mengungkap kasus yang menjadikan citra induk pendidikan kotor. “Bagus lah, harus menjadi pelajaran buat oknumnya,” kata Yani.

Inspektorat Belum Menyimpulkan

Sementara itu, Inspektorat balum membuka berapa jumlah dana yang terkumpul dari indikasi pungli tersebut. Inspektur Kota Banjar Ojat Sudrajat mengaku belum menyimpulkan yang bersangkutan salah atau tidak salah. Namun dugaan indikasi pungli sudah ada.

“Saya hanya mengatakan ada indikasi ke arah itu (pungli). Tidak mengatakan bersalah, karena kalau bersalah yang bersangkutan sudah vonis,” kata dia.

Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana belum mau berkomentar saat ditanya perihal kasus yang membelit oknum di Dinas Pendidikan. “Saya belum menerima laporan secara langsung, mungkin sudah ke wali kota,” katanya. Sementara itu, wali kota belum bisa dikonfirmasi karena berada di luar kota.

Diberitakan sebelumnya, Inspektorat Kota Banjar belum lama ini memeriksa oknum di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar. Oknum tersebut diduga melakukan pungutan liar (pungli) terhadap para guru. (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.