PUPR Kota Tasik Siapkan Rp14 M untuk Sukseskan ODF

133
0
KOORDINASI. Kepala Bidang Permukiman Dinas Perawaskim Kota Tasikmalaya Dedi Hermawan (tengah) bersama Kepala Seksi Sanitasi Lingkungan dan Pengelolaan Air Bersih Yayan Nurpatoni (kanan) dan Kepala UPTD SPALD Dinas Perawaskim Kota Tasikmalaya Supriyanto siap menyukseskan target Kota Tasikmalaya ODF, Senin (10/2). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TAWANG – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perawaskim) siap menyukseskan target Kota Tasikmalaya open defecation free (ODF) 2021.

Kepala Bidang Permukiman Dinas Perawaskim Kota Tasikmalaya Dedi Hermawan didampingi Kepala Seksi Sanitasi Lingkungan dan Pengelolaan Air Bersih Yayan Nurpatoni dan Kepala UPTD SPALD Dinas Perawaskim Kota Tasikmalaya Supriyanto optimis bisa menciptakan Kota Tasikmalaya 100 % ODF sesuai target 2021.

Baca juga : Aneh, Sidang Kasus Besar Pabrik Pil PCC di Pengadilan Tasik Dilarang Diabadikan Kamera

Pihaknya terus melaksanakan upaya-upaya sosialisasi untuk menyadarkan masyarakat mengenai Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Termasuk menstimulan pembuatan septic tank individu untuk yang ODF dan 25 septic tank komunal yang belum ODF.

“Dengan DAK (dana alokasi khusus, Red) dari Kementerian PUPR tahun anggaran 2020 sektor sanitasi sebesar Rp 14 miliar, semoga bisa memberikan stimulan untuk masyarakat Kota Tasikmalaya,” kata dia di kantornya, Senin (10/2).

Bantuan dana Rp 14 miliar dari pemerintah pusat itu, kata dia, sebagai penunjang program ODF agar terlaksana dengan baik.

“Maka yang DAK tersebut merupakan hasil dari pengajuan dari masyarakat Kota Tasikmalaya dan lembaga pendidikan agama untuk 25 septic tank komunal dan 109 septic tank individu bagi yang kelurahan ODF pada 2019. Dari semua itu, yang terpenting siap lahan dan ada pengajuan masyarakat,” ujarnya.

Baca juga : Gedung Serba Guna Bale Kota Tasik Bakal Disulap Jadi Mall

Jadi, kata dia, bagi kelompok masyarakat yang belum mendapatkan septic tank komunal untuk 50 kepala keluarga dari Dinas Perawaskim Kota Tasikmalaya, bisa mengirimkan proposal sebelum April.

Syaratnya mempunyai tanah 100 meter persegi dan dengan persetujuan pemilik tanah.

Dalam wawancara terpisah, Camat Mangkubumi Dahlan Arifin SIP menginstruksikan setiap kelurahan mengalokasikan dana kelurahan pada 2020 untuk merealisasikan program open defecation free (ODF).

Instruksi tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman.

“Makanya saya akan menginstruksikan seluruh lurah di Kecamatan Mangkubumi mengalokasikan dana kelurahan untuk program ODF, sekali pun hanya satu kelurahan yang memang jadi prioritas,” kata dia.

Menurut dia, program ODF harus menjadi prioritas para lurah. Setiap RW juga harus mempersiapkan rencana kegiatannya agar dibahas di musrenbang kelurahan.

Selain itu bagi Dinas Kesehatan Dinas Kesehatan dan Dinas Perawaskim Kota Tasikmalaya yang ke ODF mampu memberikan kontribusi untuk Kecamatan Mangkubumi. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.