Pupuk Bersubsidi di Ciamis Ditambah 8.313 Ton

111
0
SIAP DISALURKAN. PT Pupuk Kujang Tasikmalaya siap menyalurkan pupuk di Oktober untuk Ciamis, Minggu (11/10). ISTIMEWA

CIAMIS – Kelangkaan pupuk bersubsidi di Kabupaten Ciamis ditanggapi oleh PT Pupuk Kujang Persero. Mereka menyebutkan bahwa alokasi anggaran untuk pupuk bersubsidi ditambah sekitar Rp 3,1 triliun atau setara 1 juta ton.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Perusahaan PT Pupuk Kujang  (Persero) Ade Cahya kepada Radar, Minggu (11/10).

Baca juga : Mayat Bayi Busuk Tanpa Kaki & Kelamin Ditemukan di Bojong Ciamis

Kata dia, penambahan alokasi anggaran untuk pupuk bersubsidi ini untuk menambah kuota pupuk yang sudah habis sejak awal Agustus 2020.

Tambahan alokasi itu menambah stok pupuk subsidi menjadi 8,9 juta ton, dari yang sebelumnya hanya 7,9 juta ton. “Sementara yang telah disalurkan mencapai 72 persen,” ujarnya, kemarin.

Kata dia, ketersediaan pupuk bersubsidi di wilayah memang merupakan tanggung jawab PT Pupuk Kujang. Namun, apa yang dikeluhkan oleh para petani terkait tidak adanya pupuk bersubsidi karena memang subsidinya sudah habis.

Loading...

Padahal pupuk menjadi kebutuhan pokok para petani, terlebih pada saat musim tanam mulai berlangsung seperti sekarang ini, salah satunya Kabupaten Ciamis.

“Atas hal tersebut, Pupuk Kujang secara intens berkoordinasi dengan pihak di lapangan termasuk Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk menyikapi persoalan ini,” ungkapnya.

Ade menyampaikan bahwa untuk wilayah Kabupaten Ciamis alokasi awal sebanyak 14.693 ton ditambah menjadi 23.302 ton, ada penambahan sekitar 8.312 ton untuk bisa memenuhi kebutuhan petani menjelang musim tanam bulan Oktober ini.

Di mana Pupuk Kujang sudah mulai membuka alokasi di sistem untuk penyaluran ke distributor, penambahan pupuk subsidi akan segera disalurkan ke kios resmi pupuk di seluruh kabupaten wilayah tanggung jawab Pupuk Kujang setelah surat keputusan (SK) dari kabupaten/kota terbit.

“Sampai dengan saat ini pemerintah pusat sudah menyetujui pengajuan tambahan realokasi pupuk subsidi untuk wilayah tanggung jawab Pupuk Kujang, diputuskan penambahan alokasi urea subsidi sebanyak 165.497 ton untuk wilayah Jawa Barat, sebanyak 16.064 ton Banten dan sebanyak 21.416 ton Jawa Tengah.

Baca juga : Santri Persis Sindangkasih Ciamis Finalis Lomba Karya Tulis di UNPAD

PT Pupuk Kujang sebagai solusi andal agribisnis dan salah satu anggota holding Pupuk Indonesia menyediakan stok pupuk bersubsidi s/d 06 Oktober 2020 untuk wilayah Jawa Barat, Banten dan sebagian Jawa Tengah sebanyak 171.512 ton atau 100 % dari ketentuan minimum pemerintah,” ujarnya, menjelaskan.

“Rinciannya  pupuk Urea sebanyak 135.766 ton, pupuk NPK 23.937 ton dan Petroganik 11.809 ton. Stok pupuk subsidi sudah kami sediakan sesuai alokasi yang ditentukan oleh emerintah, bahkan lebih dari yang ditetapkan, sehingga kami siap salurkan untuk alokasi tambahan,” ujarnya, menambahkan. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.