Purbaratu Meraih Juara Umum MTQ XII

155
0
JUARA UMUM. Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menyerahkan Piala Juara Umum MTQ XII Kota Tasikmalaya 2019 kepada Camat Purbaratu Odang Saepudin, Sabtu (13/7) malam.  Ujang Nandar / Radar Tasikmalaya
Loading...

INDIHIANG – Kecamatan Purbaratu berhasil menjadi Juara Umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XII tingkat Kota Tasikmalaya 2019 yang berakhir pada Sabtu (14/7) malam. Prestasi itu menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat di Purbaratu.

Purbaratu menyandang status juara umum setelah berhasil meraih prestasi dari berbagai mata lomba. Misalnya, terbaik I pada Cabang Tilawah Tartil Alquran Putra atas nama Muhammad Fawaz A. Terbaik II pada Cabang Tilawah Tartil Alquran Putri atas nama Misrena. Terbaik I pada Cabang Tilawah Golongan Remaja Putra atas nama Muhammad Fikri.

Terbaik I pada Cabang Tilawah Golongan Dewasa Putra atas nama Hendi. Terbaik I pada Cabang Tilawah Golongan Tuna Netra Putri atas nama Imas Masitoh. Terbaik I pada Cabang Qiroat Sab’ah Golongan Murottal Remaja Putri atas nama Siti Wahyuni. Terbaik I pada Cabang Qiroat Sab’ah Golongan Murottal Dewasa Putra atas nama Apep Abdul Aziz. Terbaik I pada Cabang Qiroat Sab’ah Golongan Mujawwad Dewasa Putra atas nama Sandi M Yusuf.

Terbaik III pada Cabang Hifzh Alquran Golongan 1 Juz dan Tilawah Putri atas nama Ai Nuri. Terbaik II pada Cabang Hifzh Alquran Golongan 5 Juz dan Tilawah Putra atas nama Risman. Terbaik I pada Cabang Hifzh Alquran Golongan 10 Juz Putra atas nama Muh. Rafsanjani. Terbaik I pada Cabang Hifzh Alquran Golongan 20 Juz Putra atas nama M Ayyash Abdurrohman. Terbaik I pada Cabang Hifzh Alquran Golongan 30 Juz Putra atas nama Abdurrohman. (Selengkapnya lihat grafis).

Camat Purbaratu Odang Saepudin menyatakan, juara umum MTQ XII menjadi suatu kebanggaan bagi dirinya. Pasalnya, masyarakat Purbaratu sudah betul-betul meningkatkan kualitasnya dalam bidang MTQ. “Alhamdulillah berkat kerja sama semua bisa menjadi juara umum,” kata dia.

Langkah berikutnya, pihaknya akan menyiapkan pembinaan para peserta untuk menghadapi MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat. “Kami akan terus melakukan persiapan-persiapan melaui pembinaan-pembinaan. Mudah-mudahan di MTQ tingkat provinsi nanti bisa menjadi juara,” tutur dia.

Sementara itu, Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman akan memberikan uang pembinaan sebesar Rp 50 juta bagi qari dan qariah Kota Tasikmalaya yang mampu menjadi juara 1 Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Jawa Barat 2020.

Loading...

Hal tersebut diungkapkan Budi pada pelaksanaan MTQ XII tingkat Kota Tasikmalaya pada Sabtu (13/7) malam. “Insyaallah uang pembinaan untuk juara 1 akan diberikan Rp 50 juta,” katanya.

Budi bangga Kota Tasikmalaya memiliki qari dan qariah potensial pada MTQ XII. Hal tersebut menunjukkan kekuatan budaya Kota Santri dan pesantren. “Ini sebuah gambaran pendidikan agama di Kota Tasikmalaya melaui pembinaan-pembinaan alim ulama, pesantren termasuk LPTQ Kota Tasikmalaya,” kata dia.

Wali kota melihat antusias masyarakat Kota Tasikmalaya terhadap pelaksanaan MTQ terus meningkat tiap tahunnya. Berbagai macam lomba yang telah dilaksanakan menjadi ukuran untuk menyiapkan qari dan qariah menuju MTQ tingkat provinsi. “Saya minta lebih meningkatkan kualitas MTQ-nya untuk juara yang terbaik untuk persiapan provinsi nantinya,” kata dia.

Budi juga menyatakan, para peserta MTQ yang belu berprestasi untuk tidak berkecil hati. Pengalaman pada MTQ XII itu harus memacu semangat untuk terus belajar. “Ini bukan sebuah kegagalan. Ini merupakan keberhasilan yang tertunda sehingga tingkatkanlah kemampuannya untuk MTQ tahun yang akan datang,” tutur Budi. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.