Puskesmas Cipaku Ciamis Gelar Simulasi Vaksinasi

24
0
SIMULASI VAKSINASI. Puskesmas Cipaku di Kabupaten Ciamis melakukan simulasi vaksinasi Covid-19 Jumat (8/1). IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA
Loading...

CIAMIS – Puskesmas Cipaku melaksanakan simulasi penyuntikan vaksinasi Covid-19 Jumat (8/1).

Kepala Puskesmas Cipaku Dikdik A Sudikman menyampaikan simulasi vaksinasi untuk tahap awal diperuntukkan tenaga kesehatan.

Dalam simulasi tersebut, tenaga kesehatan menuju tempat yang telah ditentukan. Mereka menerapkan protokol kesehatan.

Kemudian satu per satu nakes yang sebelumnya melakukan registrasi dan mendapat SMS dari Covid-19 center menunjukkan SMS tersebut kepada petugas di meja satu.

Setelah dicek dan lolos verifikasi, kemudian nakes penerima vaksin menuju meja dua tempat screening.

Loading...

Baca juga : Dewan Ciamis Setuju Pembangunan Gedung Sekolah & Pemerintah Diaudit

Setelah itu petugas memberikan sejumlah pertanyaan utamanya terkait penyakit yang diderita. Nah, ketika tidak memiliki penyakit penyerta atau komorbit bisa lanjut ke ruang vaksinasi.

Sebaliknya bila ada penyakit penyerta seperti TBC, kanker, diabetes, ibu hamil, menyusui dan jantung tentunya tidak bisa dilanjutkan. “Jadi hanya bisa kepada orang yang tidak punya penyakit penyerta,” kata Didik.

Vaksinasi atau imunisasi vaksin Covid-19, kata dia, dilakukan di meja ketiga. Setelah selesai, dilanjutkan ke meja empat untuk pencatatan dan observasi.

Setelah itu, nakes lalu diberikan edukasi untuk menjaga protokol kesehatan. Setelah itu nakes tersebut diminta tunggu selama 20 menit untuk dilakukan observasi. Bila tidak terjadi gejala pasca vaksinasi, nakes tersebut akan diberikan sertifikat dan buku vaksin.

“Intinya setelah kami simulasikan, tentunya siap melaksanakannya tinggal menunggu waktunya saja nanti,” ujarnya.

Tahap satu vaksinasi, kata dia, sebanyak 61 tenaga kesehatan Puskesmas Cipaku akan menjalani vaksinasi. “Harapan saya lancar dan aman saat pelaksanaan nantinya,” kata dia.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis dr Bayu Yudiawan menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Ciamis sudah menyiapkan 41 fasilitas kesehatan (37 puskesmas dan empat rumah sakit) untuk vaksinasi tahap pertama. Vaksinasi tahap pertama akan diprioritaskan bagi nakes sekitar 3.800.

“Ketika vaksinasi sudah dimulai tentunya faskes itu akan dilakukan dalam dua sesi per hari. Di mana masing-masing sesinya selama dua jam an,” ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi, kata Bayu, satu orang membutuhkan waktu 10-15 menit. Artinya dalam sehari rata-rata satu faskes bisa melayani 20 orang. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.