Puskesmas Perlu Teknisi Elektronik

68
0
PUSKESMAS. Petugas di Puskesmas Parigi saat melakukan apel kemarin sore (18/6) Deni Nurdinsah/Radar Tasikmalaya

PARIGI – Kerusakan fasilitas elektronik di Puskesmas Pangandaran sering terjadi, hal ini mendorong Pemkab Pangandaran menyiapkan teknisi khusus melakukan pemeliharan fasilitas yang rusak tersebut.

Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari mengatakan selama ini Pemkab belum memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) khusus memperbaiki kerusakan terutama fasilitas elektornik di Puskesmas. ”Harusnya memang ada teknisi khusus pemeliharan itu, bisa saja dinas melakukan kontrak dengan bagian revarasi,” jelasnya kepada Radar, Selasa (18/6).

Lanjut dia, barang elektronik seperti pen­dingnin udara memang harus dilaku­kan pemeliharan secara berjang­ka, begitu pun dengan televisi. ”Karena digunakan secara terus menerus, AC itu kan harus dicuci setiap enam bulan sekali,” katanya.

Untuk biaya pemeliharan, kata dia, memang cukup murah, namun sebelumnya pemkab belum menganggarkannya. ”Tapi ke depan Pemkab melalui Dinas Kesehatan akan mengupayakan,” terangnya.

Menurut Adang, jika Puskesmas sudah memiliki teknisi yang handal di bidang elektronik, maka tidak akan ada keluhan dari pasien. ”Kita juga harus menyedikan spare part dan lain-lain, jika ada kerusakan komponen elektronik,” tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Yani Achmad mengatakan di Puskesmas ada dua jenis pemeliharan yang pertama Alat Kesehatan (Alkes) dan alat elektronik. Untuk Alkes sudah dilakukan kalibrasi secara rutin. ”Sebenarnya pemeliharan elektronik sendiri bisa diambil dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan tidak perlu melakukan penganggaran khusus,”paparnya.

Loading...

Namun hingga saat ini, dia belum sempat menginstruksikan kepada setiap kepala Puskesmas. ”Nanti kita akan rapat dengan tiap kepala puskesmas,” ungkapnya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.