Qini Mart Jamanis Tasikmalaya Pasarkan Produk UMKM

54
0
DIRESMIKAN. Qini Mart Jamanis diresmikan Ketua Kopontren Idrisiyyah Ustaz Ahmad Tazakka Bonanza SPd MM didampingi Ustaz Adang Nurdin MPd Pengurus Pusat Tarekat Idrisiyyah dengan menggunting pita, Rabu (11/11). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

JAMANIS – Pengurus Ponpes Idrisiyyah Tasikmalaya membuka Qini Mart yang merupakan unit usaha ritel Kopontren Idrisiyyah di Jalan Sumedang-Cibeureum Tanjungmekar Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (11/11).

Mini market tersebut dibuka secara simbolis dengan pengguntingan pita oleh Ketua Kopontren Idrisiyyah Ustaz Ahmad Tazakka Bonanza SPd MM didampingi Pengurus Pusat Tarekat Idrisiyyah Ustaz Adang Nurdin MPd.

Ustaz Ahmad Tazakka Bonanza mengatakan, Qini Mart merupakan salah satu tambahan unit baru yang diresmikan dari kurang lebih sebanyak 42 unit bisnis yang ada saat ini. Ini merupakan unit ke 43 bisnis dari Pondok Pesantren.

“Alhamdulillah kita sudah melakukan persiapan kurang lebih 1 bulan untuk meresmikan Qini Mart di Jamanis ini. Setiap tahun kami selalu bersemangat membuka bisnis baru,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

AKA sapaan akrabnya mengatakan di tahun ini ada beberapa target lagi untuk membangun unit bisnis. Meskipun hanya tinggal menyisakan beberapa bulan saja. Rencana akan ada dua hingga tiga minimarket lagi yang akan diresmikan.

Qini Mart ini, ujar AKA, merupakan minimarket yang ke-11. Selama ini, pihaknya terus bekerja keras untuk mewujudkan Qini Mart. Kebetulan saat ini masih dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, sehingga patut dikenang semangat juang para pahlawan.

“Kita meneladani dalam bentuk berbeda, hari ini kita bergerak dengan daya upaya untuk membangun ekonomi umat dan menyejahterakan masyarakat,” katanya.

Lanjut AKA, dalam menyongsung tahun 2021 mendatang mudah-mudahan ekonomi masyarakat sekitar menjadi terbantu dan juga bagi pengusaha UMKM bisa berkolaborasi dan bisa bersinergi. “Harus semakin semangat dan terus bergerak. Mudah-mudahan tahun ini bisa dibuka di Singaparna dan di titik lainnya,” kata dia.

Pengurus Pusat Tarekat Idrisiyyah Ustaz Adang Nurdin MPd menyebutkan, dengan adanya Qini Mart dan bertambahnya unit ekonomi ini, tentunya bisa memberikan kemanfaatan baik untuk masyarakar sekitar maupun secara luas.

“Ajaran Islam itu ajarannya yang komperhensif. Bukan hanya sekadar mengkaji bab ibadah, melainkan juga Islam membijaki hal-hal yang berfisat ekonomi. Oleh karena itu, sebagai seorang muslim khususnya ponpes yang hanya dikenal lembaga pendidikan. Padahal kita harus bisa menjadi contoh, bukan hanya dalam pergerakan pendidikan saja melainkan menjadi pesantren yang bisa menggerakan ekonomi,” kata Adang.

Ke depan Adang berharap dengan adanya Qini Mart ini bukan menjadi sebatas media atau sarana untuk menghimpun finansial saja, melainkan juga lebih kepada dakwah Islam, bahwasanya Islam juga membijaki hal-hal bersifat perekonomian.

“Ini bisa menjadi inspirasi bagi pondok pesantren dengan kekuatan kebersmaan, pondok pesantren bisa mandiri secara ekonomi,” ucapnya.

Baca juga : Pelanggan Indihome Kota Tasik & Garut Raih Hadiah Uang Tunai

Sementara itu, ujar Adang, produk yang dijual di Qini Mart ini berupa kebutuhan keluarga, kebutuhan rumah tangga, pribadi bahkan juga fashion. Ada yang lebih unik, kenapa Idrisiyyah ini atau Qini Mart ada pembeda dengan mini market yang lain.

Pihaknya memberikan space bagi masyarakat sekitar yang prodak lokalnya sulit dipasarkan. Sehingga dengan adanya mini market yang dimiliki oleh pesantren dan sampai saat ini jumlahnya sudah mencapai 11 di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya bisa memberikan ruang kepada UMKM.

“Kita memberikan ruang bagi masyarakat sekitar yang memproduksi makanan ringan dan lain sebagainya. Serta menampung UMKM yang ada di sekitar Qini Mart,” kata Adang menambahkan. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.