Raider 323 Panen Raya Bersama Warga

171
0
PANEN. Warga bersama Satgas 323/BP Kostrad memanen jagung di wilayah Asiki, Papua kemarin.
Loading...

PAPUA – Ada yang spesial dalam peringatan Hari Bumi Internasional di Asiki, Papua Minggu (22/4).

Masyarakat di wilayah perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini itu memanen jagung hasil bercocok tanam binaan teritorial Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad.

Dansatgas Yonif Raider 323/BP Kostrad Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina menjelaskan jagung merupakan tanaman yang cocok dengan kondisi tanah di wilayah tersebut.

Meskipun butuh upaya keras untuk membuat tingkat kesuburan humus yang tinggi, namun tidak menyurutkan semangat prajurit Buaya Putih (BP) dan masyarakat untuk bercocok tanam.

“Ini adalah wujud keberhasilan pembinaan teritorial yang salah satunya adalah mewujudkan ketahanan pangan seperti yang dicanangkan oleh pemerintah pusat, Indonesia sebagai negara agraris yang produktif,” kata Agust Jovan Minggu (22/4).

Loading...

Kegiatan panen raya merupakan sinergitas antara prajurit dengan masyarakat.

Mulai tahap penanaman, perawatan hingga masa panen seluruhnya dikerjakan secara bersama-sama warga dengan prajurit TNI Satgas 323/BP.

Karyo, seorang petani yang terlibat dalam kelompok tani bentukan Satgas 323 merasa bangga kepada prajurit TNI yang bertugas di perbatasan.

Karena di samping menjaga kedaulatan wilayah negara, masih sempat untuk melakukan pemberdayaan ekonomi mikro masyarakat khususnya dalam bidang pertanian.

“Selain tujuan memberdayakan ekonomi masyarakat, pembinaan kelompok tani ini juga bertujuan memanfaatkan lahan yang masih belum optimal diolah,” kata Karyo.

Hal senada diutarakan Thomas Omba, pemilik tanah Dusun Prabu Asiko. Dia berterima kasih karena lahan kosong miliknya kini bisa bermanfaat.

“Saya bahagia dengan pembinaan kelompok tani dari Satgas 323, lahan kosong milik saya yang selama ini semak belukar bisa disulap menjadi ladang jagung yang bermanfaat,” ujarnya. (cep/*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.