Rambutan Sibatulawang Bisa Menjadi Daya Tarik Wisata

171
0
POTENSI. Seorang pedagang rambutan Sibatulawang menjajakan dagangannya kemarin. Perkebunan khusus rambutan dianggap bisa menjadi daya tarik wisata.
Loading...

BANJAR – Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Banjar Nana Suryana menilai rambutan Sibatulawang bisa menjadi daya tarik wisata. Untuk mewujudkan itu, perlu menyatukan program dari beberapa dinas terkait.

“Misal dibuat perkebunan khusus rambutan Sibatulawang. Kemudian perkebunan itu dijadikan objek wisata, memakan buah rambutan di tempat. Tentu dengan beberapa konsep yang unik itu potensinya sangat luar bisa, tinggal Dinas Pertanian yang harus mendorong dari awal untuk diprogramkan,” kata Nana Selasa (26/3).

Nana optimis itu bisa mendongkrak perekonomian petani rambutan di Desa Karyamukti. “Rambutan Sibatulawang itu sudah dikenal, bahkan buahnya dinanti-nanti. Namun saat ini memang kendalanya bukan hanya petani rambutan, tapi masyarakat yang memiliki pohon rambutan Sibatulawang banyak yang mengeluh ketika buah melimpah harga jual merosot,” ungkap dia.

Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar Saifuddin siap mendorong petani, warga serta UKM dari sisi perdagangan dan pengolahan buah rambutan.

“Dari perdagangan dan UKM bisa sinkron. Misal kita memberikan pelatihan kepada masyarakat jika sudah menjadi objek wisata. Seperti bagaimana mengolah buah rambutan. Bisa juga dari sisi koperasinya, misal mendirikan koperasi dan anggotanya petani dan masyarakat yang memiliki pohon rambutan, dari koperasi itu kan bisa dibantu permodalannya,” kata Saifuddin.

loading...

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjar Aswin belum melirik program ke arah sana. “Belum kalau untuk membuat objek wisata rambutan Sibatulawang. Ke depan bisa saja, tapi harus direncanakan dulu secara matang, soalnya kan buah rambutan itu musiman dan tidak setiap hari dan setiap bulan berbuah,” kata dia. (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.