Rancang Aplikasi Smartphone Bermanfaat

71
0

CIHIDEUNG – Lakpesdam PCNU Kota Tasikmalaya bekerja sama dengan Goveblood Community melakukan kajian tadarus teknologi. Hal tersebut untuk menciptakan inklusi social impact melalui teknologi informasi dalam mendorong inovasi digital di kalangan muda.

Sekretaris Lakpesdam NU Kota Tasikmalaya Ajat Sudrajat menjelaskan, dalam lima tahun terakhir, pihaknya tengah fokus dalam menguatkan sumber daya masyarakat berbasis komunitas menggunakan pendekatan inklusi sosial. Dalam prosesnya menekankan terhadap tiga aspek yakni pengakuan dan penerimaan sosial, layanan serta kebijakan. “Saat ini kita berkolaborasi dengan Giveblood Community, yang concern dalam gerakan donor darah nasional (GDDN) di mana mereka berhasil kembangkan social start-up yang memungkinkan masyarakat dalam menemukan pendonor lewat aplikasi android,” paparnya kepada Radar, Minggu (19/5).

Geliat pengembangan social start-up tersebut, kata Ajat, menjadi salah satu inspirasi bagi Lakpesdam untuk mengembangkan inovasi dalam berkontribusi terhadap kehidupan sosial masyarakat. “Kita akan berupaya melakukan hal serupa, sehingga upaya isu sosial yang kita kawal bisa memudahkan masyarakat. Salah satunya melakukan start-up berbasis android,” ujar dia.

Salah seorang pendiri Giveblood Community, Zulkarnain Lubis mengatakan perancangan aplikasi yang digarapnya dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan akan darah yang sangat tinggi di masyarakat, yang tidak berbanding lurus dengan jumlah pendonor darah. “Konsep awal Giveblood ini adalah mempertemukan antara pencari darah dengan pendonor darah. Kami berharap, dengan adanya aplikasi ini bisa menjawab kebutuhan darah yang cukup tinggi di banyak daerah,” tuturnya.

Dia menyebut saat ini aplikasi tersebut mulai berjalan efektif di beberapa kota besar. Seperti Jakarta, Bogor dan lainnya. Ia berharap aplikasi tersebut juga dapat menjangkau dan menyebar ke setiap daerah. “Melalui sistem seperti itu, kami sebetulnya sedang memperkuat nilai-nilai empati dan kemanusiaan antara orang yang mendonorkan darah dan pendonor darah,” kata dia. (igi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.