Rangkap Tiga Jabatan Sekaligus

162

TASIK – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP secara resmi menunjuk Drs H Iin Aminudin MSi sebagai Pelaksana harian (Plh) Sekda Kabupaten Tasikmalaya.

Iin yang saat ini menjabat sebagai Asisten Daerah (Asda) I Bidang Administrasi tersebut menggantikan Sekda Kabupaten Tasikmalaya Abdul Kodir yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus hibah 2017.

Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Tasikmalaya Ahmad Muksin menjelaskan penunjukkan Iin Aminudin menjadi Plh Sekda Kabupaten Tasikmalaya ditunjuk langsung Bupati Tasikmalaya dalam bentuk surat perintah.

“Iin akan mulai menjalankan tugasnya sebagai orang nomor tiga di Kabupaten Tasikmalaya sejak Selasa (27/11),” ujarnya kepada wartawan kemarin.

Dalam surat perintah bupati tersebut, kata Ahmad, Iin Aminudin akan menjabat sebagai Plh sekda sampai sekda definitif ditetapkan oleh pejabat pembina kepegawaian Kabupaten Tasikmalaya. “Selain menjadi Plh sekda, Iin juga masih sebagai Asda III dan juga Plh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud. Karena kepala dinasnya (Dadan Wardana,Red) masih mengikuti pelatihan,” ungkapnya.

Selain itu, tambah dia, dalam menjalankan tugasnya sebagai Plh sekda, Iin diminta melaksanakan perintah dengan seksama dan penuh tanggung jawab, sesuai tugas pokok dan fungsi sekda. “Adapun nanti soal jabatan Plh Kepala Disdikbud, pimpinan akan menunjuk pejabat lain,” tuturnya.

Ahmad mengatakan dikeluarkannya surat penunjukan Plh sekda oleh Plt Bupati Tasikmalaya telah melalui proses berbagai pertimbangan. ”Kita juga (Asda, Red) diminta pandangan soal penunjukkan tersebut oleh pimpinan. Akan tetapi keputusan ada di pimpinan (bupati),” paparnya.

Sepengetahuannya, Iin dipilih karena merupakan pejabat eselon II yang cukup senior, dewasa dan berpengalaman di berbagai bidang. Sebelumnya, Iin pernah menjadi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya DR H Basuki Rahmat MSi menilai penunjukkan Iin Aminudin menjadi Plh sekda sangat layak. ”Dia senior di eselon II, pengalamannya juga komplit, pernah menjabat sebagai kepala BKD, dan sekarang Asda III. Saya kira sudah pas,” paparnya.

Menurut Basuki, jabatan Plh sekda tidak terlalu berpengaruh. Karena tidak punya otoritas atau kewenangan lebih, hanya sekadar seremoni menghadiri rapat atau kegiatan. ”Kalau soal Plh sekda tidak ada masalah, no problem dipilih Iin. Kecuali kalau nanti dipilih sekda definitif, itu harus orang yang mumpuni lagi, kalau Plh hanya menggantikan tugas ketika berhalangan,” ungkapnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Plh Sekda Tasikmalaya Iin Aminudin tidak menjawab via dihubungi lewat sambungan teleponnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.