Rangkul Masyarakat Sukseskan ODF

78
0

TAMANSARI – Satuan Tugas (Satgas) Jawara ODF 2019 Menuju Sanitasi Aman (Saniman) Kelurahan Mugarsari Kecamatan Tamansari merangkul masyarakat untuk menyukseskan program Jawara ODF.

Lurah Mugarsari Ujang Dani MS SPd menuturkan, target utama dari program ODF ini adalah terbentuknya mindset atau pemahaman masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan tidak buang air besar sembarang (BABS) serta memahami dampak buruk dari limbah tinja jika dibuang di mana saja.

“Sejauh ini sosialisasi kepada masyarakat sudah dilakukan oleh satgas, MUI dalam pengajian juga oleh RT dan RW juga Dandim,” kata Dani dalam pertemuan dengan tim monitoring Jawara ODF 2019 Menuju Saniman, Rabu (22/5).

Dani menuturkan pihak Puskesmas Sangkali juga sudah melakukan pemicuan terhadap RW 8, 5 dan 4 dari delapan RW yang ada di Kelurahan Mugarsari. Pemicuan akan dilanjutkan kembali selesai Ramadan.

“Terkait data dari pihak PKM sudah ada data RW mana saja yang sudah punya septic tank dan belum, dari data tersebut akan menjadi masukan untuk dilakukan pemetaan tindak lanjut. Sedangkan untuk pemicuan PKM ada 12 kali lagi dan kita bisa libatkan satgas untuk ikut serta,” katanya.

Untuk menyukseskan ODF, Lurah Mugarsari juga sudah memasukkan ODF dalam program kelurahan, begitu juga dengan alokasi anggarannya. Namun, Dani berharap partisipasi dan kerja sama masyarakat bisa terjalin dengan baik sehingga bersama-sama menyukseskan program ODF dan tidak ada lagi yang BABS.

“Jadi dukungan dari semua pihak ini sangat dibutuhkan untuk sukseskan Mugarsari kelurahan ODF. Alhamdulillah kami juga mendapat laporan dari satgas ada warga yang sudah ingin membuat septic tank dan semoga makin banyak warga yang mulai sadar menuju sanitasi yang aman,” ujarnya. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.