Rangkul Perempuan Awasi Pilgub

230
0
PARTISIPASI. Para peserta perempuan tengah mengikuti sosialisasi pengawasan partisipatif pada Pilgub Jabar di Hotel Aquarium Pangandaran, Rabu (25/4).
Loading...

PANGANDARAN – Untuk menekan pelanggaran pemilu sekaligus meningkatkan partisipasi dalam Pilgub Jabar 2018, Panwaslu Kabupaten Pangandaran menyosialisasikan tentang pengawasan partisipatif di kalangan perempuan.

Ketua Panwaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan mengatakan perempuan memiliki peranan penting di bidang politik. Sehingga perlu diberdayakan.

“Isu kesetaraan gender dan gerakan emansipasi telah menuntut persamaan hak perempuan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam politik. Saat ini perempuan memiliki ruang yang luas untuk berpolitik,” jelasnya kepada wartawan di Hotel Aquarium Pangandaran, Rabu (25/4).

Menurut dia, peran perempuan dalam pengawasan pemilu sangat dibutuhkan sesuai dengan UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

“Kita bekerja sama dengan organisasi perempuan yang ada di Pangandaran untuk ikut serta dalam pengawasan pemilu,” tutur dia.

loading...

Ia menuturkan bahwa saat ini jumlah personel panwas terbatas. Untuk melakukan pengawasan di 10 kecamatan dirasa sangat berat.

“Tentunya dalam hal ini kerja sama pengawasan antara lembaga pengawas pemilu dengan organisasi perempuan, mendukung penyelenggara pemilu dan menyediakan informasi dan isu penting dalam pilgub bagi perempuan,” katanya.

Menurut dia, jumlah peserta yang hadir berasal dari berbagai organisasi perempuan.

“Jumlah yang hadir sekitar 100 orang lebih dan kami harap mereka bisa menyebarkan informasi yang kami berikan kepada masyarakat,” tutur dia.

Kasubag 3 Bawaslu Pemprov Jabar Tulus Arifin menyampaikan bahwa semua harus tahu tentang aturan pemilu. Termasuk dari golongan perempuan.

“Perempuan dari semua kalangan dan profesi harus mengerti agar pelaksanaan pemilu sesuai dengan UU,” tuturnya. (den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.