Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

4.4%

79.2%

15.6%

0.3%

Rapat Tak Harus ke Bale Kota

49
0
RAPAT. Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman mencoba jaringan fiber optic untuk melakukan rapat via video conference di ruang tamu VVIP Bale Kota, Selasa (20/8).

BUNGURSARI – Pemerintah Kota Tasikmalaya terus berupaya mewujudkan Tasik Berbudi (Berbudaya Digital). Saat ini, jaringan fiber optic menggunakan teknologi intranet tengah mereka optimalkan. Tujuannya agar masyarakat terlayani dengan baik.

Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman mengatakan pihaknya sudah mengoneksikan 314 site untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu, bersama jajaran instansi pemerintah, ia menjajal rapat dengan 10 kecamatan di Kota Tasikmalaya melalui video conference.

“Jalur fiber optic ini sudah terkoneksi di 314 site. Jadi memudahkan rapat-rapat dan instruksi lebih cepat ketika menindaklanjuti adanya persoalan di masyarakat,” ujarnya usai rapat video conference di ruang tamu VVIP bale kota, Selasa (20/8).

Menurutnya, sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018, tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui Diskominfo Kota Tasikmalaya pihaknya berupaya mengintegrasikan segala jenis pelayanan melalui sistem berbasis IT.

“Makanya dari 314 titik ini kita pasang di organisasi perangkat daerah (OPD) 26 site, Forkopimda 6 site, 10 site kecamatan, 69 kelurahan termasuk puskesmas dan pustu (puskesmas pembantu, Red) 21 site,” katanya memaparkan.

“Untuk lembaga pendidikan, SD negeri sudah terpasang 155 site, SMP negeri 21, dan area layanan publik 6 site. Rencana ke depan semua SD dan madrasah, serta kampus dan rumah sakit sampai klinik kesehatan serta ormas keagamaan,” sambung Budi.

Adanya layanan tersebut, kata Budi, para apa­ratur tidak lagi harus datang ke bale kota untuk sekadar menghadiri rapat. Cukup menghidupkan layar monitor di ruang kerja, tanpa perlu meninggalkan ruang kerja dan mengesampingkan pelayanan di kantor.

“Sehingga layanan di instansi masing-masing tetap berjalan, waktu ngantor efektif efisien. Rapat itu untuk hal penting dan tertentu saja nantinya,” ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tasikmalaya H Asep M Permana mengatakan koneksi intranet lebih stabil dan tidak rentan gangguan seperti internet.

“Nantinya jaringan ini tinggal diisi aplikasi apa saja yang dibutuhkan dalam pelayanan termasuk tata kelola organisasi di pemerintah,” ujarnya. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.