Raperda APBD Kabupaten CiamIs 2018 TELAH DISETUJUI

858
0
ISTIMEWA RAPAT. DPRD dan Pemerintah Kabupaten Ciamis melaksanakan Rapat Paripurna dengan agenda membahas Raperda APBD Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2018.

DPRD Ciamis telah melaksanakan dua kegiatan rapat pada Senin (6/11). Diantaranya Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi Atas Penjelasan Bupati Ciamis Terhadap Raperda APBD Kabupaten Ciamis tahun 2018 yang dilaksanakan sekitar pukul 10.00. Serta, Rapat Paripurna Penyampaian Jawaban Bupati Ciamis Atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap Raperda APBD Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2018 yang dilaksanakan pada pukul 13.00. Rapat dilaksanakan di Gedung Kesenian Jalan Ir H Juanda Ciamis.
Rapat dihadiri Wakil Ketua I DPRD Dida Yudanagara, Wakil Ketua III DPRD Ciamis Mamat Rahmat dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Wakil Bupati Ciamis H Oih Burhanudin, Sekda Kabupaten Ciamis Drs H Asep Sudarman MPd, Asda I Drs H Endang Sutrisna MSi, Asda II Drs. H.M Soekiman, Asda III Setda Kabupaten Ciamis Drs Deden R MM dan sejumlah pejabat SKPD Kabupaten Ciamis.
Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana mengatakan dalam Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi Atas Penjelasan Bupati Ciamis Terhadap Raperda APBD Kabupaten Ciamis tahun 2018, anggota yang hadir sebanyak 30 orang. Sehingga, rapat sah untuk dibuka sesuai perundangan-undangan yang berlaku.
Dalam kesempatan itu, secara umum, semua fraksi menyetujui usulan dan penjelasan yang disampaikan Bupati Ciamis Drs H Iing Syam Arifin terhadap Raperda APBD Kabupaten Ciamis tahun 2018. “Mengenai tidak hadirnya partai dari Fraksi Dinamis, kami menyimpulkan untuk Fraksi Dinamis tidak menyetujui pembahasan dilanjutkan pada tahapan selanjutnya,” ungkapnya.
Atas dasar persetujuan dari seluruh fraksi yang hadir, ketidak hadiran Fraksi Dinamis tidak akan menghambat pembahasan dilanjutkan ke tahapan berikutnya. Hasil penyampaian pandangan umum, dari sembilan fraksi di DPRD Kabupaten Ciamis hanya satu fraksi yang tidak menyatakan sikap atau abstain, yaitu Fraksi Dinamis. Mayoritas fraksi mendukung / menyetujui Penjelasan Bupati Ciamis terhadap Raperda APBD Kabupaten Ciamis tahun 2018 untuk dibahas dalam tahapan berikutnya. “Intinya, (ketidakhadiran Fraksi Dinamis) tidak akan menghambat pembahasan,” tandasnya.
Sementara untuk penyampaian jawaban Bupati Ciamis atas pandangan umum fraksi terhadap Raperda APBD Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2018, Nanang mengungkapkan Bupati Ciamis Drs H Iing Syam Arifin menyatakan RAPBD Ciamis Tahun Anggaran 2018 telah sejalan dengan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS).
Kaitan dengan ekstensifikasi pendapatan daerah, dilaksanakan secara bertahap melalui pendapatan dan penggalian potensi sumber pendapatan. Mengingat kemampuan keuangan daerah yang sangat terbatas, maka fokus pendanaan dalam APBD 2018 antara lain implementasi janji kampanye bupati, meningkatkan aksebilitas dan mutu pendidikan, pelayanan kesehatan, pemberdayaan masyarakat, pengembangan pertanian, hutan dan perikanan. “Bupati menyampaikan kepada kami bahwa dia sepakat proses pengadaan barang dan jasa perlu dilakukan secara transparan,” ucapnya.
Atas dasar kesepakatan seluruh fraksi, pembahasan Raperda APBD TA 2018 akan dilanjutkan di rapat fraksi. Terkait jawaban Pemerintah Kabupaten Ciamis terhadap pandangan umum fraksi, tidak semua diuraikan Bupati. Namun jawaban tersebut dituangkan dalam buku yang akan diserahkan kepada DPRD. Raperda APBD nantinya akan dibahas pada rapat komisi sebelum ditetapkan menjadi APBD. “Dengan telah di setujuinya Raperda APBD Kabupaten Ciamis 2018 oleh DPRD diharapkan percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat akan segera dirasakan secara merata di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis,” pungkasnya. (adv/isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.