Pemudik Diimbau Waspadai Hujan dan Jalan yang Licin

Rata-Rata 1500 Kendaraan Per Jam

93
MUDIK BERSAMA KELUARGA. Pemudik dengan sepeda motor masih mendominasi arus mudik Lebaran 2018 Selasa (12/6).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – Memasuki H-3 Lebaran, volume kendaraan pemudik yang melintasi Ciamis naik 10 persen dari hari sebelumnya. Data Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis menunjukkan volume kendaraan yang melintas rata-rata mencapai 1500 unit per jam.

“Namun, sejauh ini tidak sampai terjadi kemacetan, masih ramai lancar,” ujar Sekretaris Dinas Perhubungan Ciamis Edy Yulianto kepada Radar, Selasa siang (12/6).

Sebagian besar pemudik, kata dia, menggunakan sepeda motor. Seperti pada data yang dicatat petugas Dinas Perhubungan Ciamis sekitar pukul 11.12 (lihat grafis). “Jadi, kita ketahui tiap tahun masih didominasi oleh sepeda motor,” katanya.

Edy mengingatkan pemudik agar lebih berhati-hati. Sebab, selama satu hari kemarin turun hujan ringan beberapa kali, dari pagi sampai sore. Hal itu dikhawatirkan membuat jalanan menjadi licin dan membahayakan para pengendara sepeda motor.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, lanjut dia, petugas melambaikan bendera peringatan kepada para pemudik, agar mereka berhenti sejenak. Para pemudik disarankan istirahat sebentar di posko yang telah disediakan, sambil menunggu hujan reda.

“Kami selalu himbau juga (agar pemudik) jaga kecepatan. Serta bila hujan, harus istirahat. Jangan terlalu dipaksakan, karena berbahaya,” imbaunya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.