Ratusan Lembar Dolar Palsu Dimusnahkan Kejaksaan Garut

29
0
MUSNAHKAN. Petugas dari Kejaksaan Negeri Garut memusnahkan barang bukti hasil kejahatan saat kegiatan pemusnahan, Rabu (23/12). Yana Taryana / Rakyat Garut
Loading...

TAROGONG KIDUL – Kejaksaan Negeri (Kejari) Garut memusnahkan barang bukti kejahatan yang kasusnya telah divonis pengadilan dan berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

Barang bukti kejahatan yang dimusnahkan salah satunya ratusan lembar uang dolar palsu pecahan $100 dan ratusan hingga ribuan butir psikotropika yang dihanguskan.

Kepala Kejaksaan Negeri Garut Sugeng Hariadi mengatakan pemusnahan sejumlah barang bukti tersebut hasil dari penyidikan penanganan sejumlah perkara pidana umum.

 

“Barang bukti yang dimusnahkan ini terhitung sejak April lalu hingga sekarang,” ujar Sugeng Hariadi usai pemusnahan sejumlah barang bukti di halaman Kejaksaan, Rabu (23/12).

loading...

Baca juga : HOREE.. Objek Wisata di Garut Tetap Dibuka, Prokes Diperketat

Menurut Sugeng, sejumlah barang bukti tersebut berasal dari berbagai daerah.

“Kalau orangnya ada yang dari luar Garut, tetapi seluruh barang bukti dan kejadiannya berlangsung di Garut,” katanya. Ia menyatakan pemusnahan yang dilakukan merupakan bukti ketegasan penyidik dalam menuntaskan setiap persoalan hukum.

Namun dari beberapa barang bukti yang dimusnahkan, temuan pupuk palsu dan uang dolar palsu mendapatkan perhatian luas masyarakat.

“Pupuk ini kan sangat penting bagi petani, jangan sampai petani dibohongi, makanya masyarakat hati-hati dalam pemanfaatan pupuk,” ujar dia mengingatkan.

Kepala Seksi Barang Bukti Kejaksaan Garut Muslih menambahkan beberapa barang bukti yang dimusnahkan antara lain; tembakau sintetis hanoman seberat 25,650 gram, sabu-sabu seberat 7,255 gram, tembakau gorila seberat 23,175 gram dan ganja 1,10 gram.

“Total jenis narkotika seberat 67,18 gram,” ujarnya. Kemudian jenis obat-obatan atau psikotropika dengan total 2.269 tablet.

Kemudian senjata tajam yang digunakan dalam tindak kejahatan yakni 5 buah obeng, sebuah alat pembuat magnet kunci kontak, 5 kunci leter T, 4 buah golok, 2 buah tang, kunci Y hingga enam buah pisau. Tak hanya itu, jajaran penyidik Kejari Garut berhasil memusnahkan ragam pupuk palsu.

Khusus minuman keras, hanya puluhan botol sampel. Sebagian besar sudah dimusnahkan dalam pemusnahan barang bukti di Polres Garut beberapa waktu lalu.

Untuk uang dolar palsu yang dimusnahkan yakni sebanyak 235 lembar pecahan $100 serta uang palsu rupiah sebanyak 67 lembar pecahan Rp 100 ribu. “Barang bukti lainnya yakni beberapa unit handphone berbagai macam merek,” paparnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.