Ratusan Napi Asal Kabupaten Tasik Tak Nyoblos

64
0
KPU Kabupaten Tasik saat sosialisasi Pilkada di dalam Lapas Tasik, belum lama ini. istimewa for radartasikmalaya.com
Loading...

KABUPATEN TASIK – Sebanyak 109 warga Kabupaten Tasikmalaya yang sedang menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Tasikmalaya, hari ini (Rabu 09/12), kehilangan hak suara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasik, Zamzam Jamaludin mengatakan, dalam perhelatan Pilkada kali ini pihaknya tidak membuat TPS di Lapas berdasarkan atas Undang-undang dan PKPU.

Karena, Daerah Pemilihan (Dapil) Pilkada Kabupaten Tasik berada di wilayah administrasi Kabupaten Tasik tetapi Lapas kelas II B ada di administrasi Kota Tasik.

“KPU tidak dapat melayani pemilih yang ada di dalam Lapas Kelas II B,” katanya kepada wartawan, Rabu (09/12) lagi.

“Jadi perlu kami jelaskan bahwa di Kabupaten Tasik tak terdapat lapas. Adapun lapas yang ada di Tasikmalaya berada di wilayah administrasi Kota Tasik,” sambungnya.

Loading...

Berdasarkan UU dan PKPU, terang dia, Daerah Pemilihan (Dapil) Pilkada Kabupaten Tasik berada di wilayah administrasi Kabupaten Tasik.

“Dengan demikian, KPU tak dapat melayani pemilih yang ada di lapas, meski ada warga binaan dari Kabupaten Tasikmalaya. Karena letak lapasnya berada di wilayah kota,” terangnya.

Pihaknya sebenarnya sudah memasukkan warga binaan itu sebagai daftar pemilih. Tapi terkait dengan pelaksanaan pemilihan, tetap tak diperbolehkan membuka TPS di dalam lapas, karena berbeda wilayah administrasi.

“Ada opsi dengan memulangkan mereka ke daerah masing-masing. Atau para warga binaan datang ke TPS terdekat. Tentu itu memiliki risiko dan perlu persiapan lebih,” tambahnya.

Apalagi, jelas dia, warga binaan di lapas tersebut cukup banyak. Warga kabupaten Tasik di dalam Lapas ada 109 orang. Mereka memang tak bisa menggunakan hak pilihnya. (rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.