Beranda Kota Tasik Ratusan Pencaker Serbu Job Fair di Bale Kota
Upaya Pemkot Tasik Menekan Angka Pengangguran

Ratusan Pencaker Serbu Job Fair di Bale Kota

387
0
BERBAGI
WEJANGAN. Wali Kota Tasikmalaya memberikan wejangan kepada para pencari kerja, di Bale Kota, Senin (16/4/2018). foto; salsabila / radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tasikmalaya menggelar Informasi Pasar Kerja dan Job Fair gratis di Gedung Serbaguna Bale Kota Tasikmalaya, mulai hari Senin (16/4) hingga Selasa (17/4).

Sejak dibuka sekitar pukul 10.00, ratusan pencari kerja  (Pencaker) tampak antusias menyerbu stand-stand yang ada di bursa kerja tersebut.

Sebanyak 24 perusahaan dari Jakarta, Bandung, dan Tasikmalaya dihadirkan dan membuka stand lowongan pekerjaan yang diperuntukkan bagi lulusan SMP, SMA se-derajat, D1 hingga lulusan S1.

Beberapa perusahaan yang dihadirkan seperti di antaranya PT PNM, JNE, Wismilak, Kimia Farma, Aqua, Garuda Food, dan beberapa perusahaan ternama lainnya.

Posisi yang ditawarkan juga bervariasi, dari admin, sales and marketing, teknisi, dan masih banyak lagi.

Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman mengatakan, kegiatan ini bisa menjadi salah satu upaya pemerintah kota untuk menekan angka pengangguran yang mengalami peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini ada di angka 6,8%, meningkat dari tahun sebelumnya. Untuk itu jadi ‘PR’ besar bagi kami untuk bagaimana menekan angka pengangguran. Salah satunya melalui job fair ini,” paparnya kepada awak media.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Disnaker Kota Tasikmalaya Hj Nunung Kartini mengatakan, informasi pasar kerja ini ditargetkan dapat menyerap sebanyak 1.200 hingga 1.500 tenaga kerja.

“Selain menawarkan informasi lapangan kerja, dalam kegiatan ini juga kami hadirkan seminar kiat sukses lolos wawancara dan psikotes untuk 100 pencaker,” jelas Nunung.

Seorang pengunjung Job Fair, Penny Pitri (24) mengaku mengalami kesulitan dalam mencari informasi lowongan kerja di Kota Tasikmalaya.

Perempuan asal Sindangkasih lulusan S1 ini berharap, agar Pemkot Tasik bisa memperbanyak kegiatan job fair untuk memfasilitasi para pencaker dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

“Iya akses informasinya masih susah dan jarang. Saya harap Disnaker bisa lebih memfasilitasi pencaker. Misalnya dengan update info lowongan secara rutin melalui website, atau mengadakan kegiatan seperti ini,” ujarnya kepada radartasikmalaya.com. (sal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here