Reaktivasi KA Cibatu-Garut, Ratusan Rumah Kembali Dibongkar

205
0
DIBONGKAR. Ratusan rumah di Kecamatan Garut Kota dibongkar Selasa (14/1). Lahan yang dibongkar itu untuk menambah bangunan operasional stasiun. yana taryana / rakyat garut

GARUT KOTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali membongkar ratusan rumah yang berdiri di jalur kereta api di Kecamatan Garut Kota.

Pembongkaran dilakukan untuk menambah jalur reaktivasi kereta api Cibatu-Garut.

“Lahan yang ditertibkan ini untuk menambah bangunan operasional stasiun,” ujar Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 2 Bandung Noxy Citrea kepada wartawan Selasa (14/1). Menurut dia, ratusan bangunan yang ditertibkan berada di dua kelurahan, yakni Paminggir dan Pakuwon.

Baca juga : Tak Punya Tanah, Rumah Warsinah Dibongkar

Dia menerangkan penertiban bangunan sudah direncanakan sejak tahun lalu.

Pihaknya sudah memberikan surat pemberitahuan kepada warga yang menempati tanah milik PT KAI.

“Sejak 3 Desember 2019, kami sudah melalukan sosialisasi dan pendataan. Ada 112 kepala keluarga yang terdampak penertiban di Kelurahan Pakuwon dan Paminggir,” ujarnya.

Sejak awal tahun, warga sudah mulai membongkar rumah yang mereka tempati.

“Warga juga sudah menerima. Rumah yang sudah kosong langsung kami bongkar agar bisa segera dibangun operasional stasiun,” katanya.

Warga yang bangunannya ditertibkan, kata dia, sudah menerima uang bongkar. Ada 137 unit bangunan yang ditertibkan di lahan tersebut.

Lokasi yang ditertibkan berada di pusat Kota Garut. Yakni di Kampung Loji, Kelurahan Paminggir atau berada di antara Jalan Pramuka dan Jalan Cimanuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.