Ratusan Rumah Warga Tunggilis Pangandaran Direndam Banjir

60
0
Istimewa. BANJIR. Warga menaiki sampan di lingkungan rumahnya Kamis (14/1). Banjir di Kecamatan Kalipucang dan Padaherang merendam ratusan rumah.
Istimewa. BANJIR. Warga menaiki sampan di lingkungan rumahnya Kamis (14/1). Banjir di Kecamatan Kalipucang dan Padaherang merendam ratusan rumah.
Loading...

PANGANDARAN – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pangandaran menyebabkan ratusan rumah di Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang terendam banjir. Genangan air tersebut berasal dari Sungai Citanduy dan Cimentek Sirungtawang yang meluap sejak Rabu (13/1) malam.

Kepala Kesra Desa Tunggilis Kisna mengatakan ketinggian air akibat luapan Sungai Citanduy mencapai 50 hingga 60 sentimeter. “Yang kena itu Dusun Sukamaju, Kedunglungpung dan Cintamaju,” katanya kepada Radar, Kamis (14/1).

Menurutnya, total ada 300 rumah atau KK yang terkena dampak banjir kali ini. “Beberapa masih bertahan di rumahanya dan sudah membersihkan rumahnya dari lumpur yang terbawa air,” ucapnya.

Selain di Kecamatan Kalipucang, banjir dengan ketinggian air selutut orang dewasa juga terjadi di Desa Sukanagara dan Ciganjeng Kecamatan Padaherang. Puluhan warga di Desa Ciganjeng Kecamatan Padaherang bahkan memilih mengungsi dan menyelamatkan barang-barang berharga miliknya.

loading...

Baca juga : Harga Cabe di Pangandaran Masih & Pedas

Warga mengungsi lantaran rumah mereka terendam banjir akibat meluapnya air Sungai Cintaduy yang disebabkan air kiriman dari hulu sungai yang terus meninggi.

Kepala Desa Ciganjeng Kecamatan Padaherang Imang Wardiman mengatakan banjir yang merendam rumah warga disebabkan air Sungai Citanduy meluap.

“Rumah warga yang terendam banjir itu berada di tiga RT dengan ketinggian dari mulai dari 60 (sentimeter) hingga satu meter,” ujarnya.

Kata dia, total rumah warga yang terendam banjir tersebut mencapai 125 KK dan yang paling banyak di RT 03 sebanyak 70 rumah. “Untuk di Lingkungan RT 02 jumlah rumah yang terendam mencapai 40 KK dan di RT 04 mencapai 25 KK,” tuturnya. (den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.