Rawan Bencana, Warga Ciamis Diminta Waspada Hujan Deras Disertai Angin Kencang

35
0
ISTIMEWA BERIKAN BANTUAN. Dinas Sosial dan Tagana Kabupaten Ciamis memberikan bantuan kepada para korban pergerakan tanah di Kecamatan Panawangan kemarin. Bantuan juga datang dari BPBD Kabupaten Ciamis.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis mengimbau masyarakat untuk siaga bencana hidrometrologi yang diakibatkan curah hujan tinggi.

Di Kabupaten Ciamis, efek dari bencana hidrometrologi di beberapa kecamatan mengalami pergerakan tanah. Diantaranya, Panumbangan, Rajadesa, Sukadana, Cipaku, Kawali, Pamarican dan Panumbangan.

“Sekarang yang paling dampak banyak pergeseran tanah ada di Dusun Cilimus Desa Indragiri Panawangan. Di mana saat ini kondisinya terus bergerak, ada 25 rumah yang terdampak,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ciamis Dadang Darmawan, Rabu (6/1).

“Disinyalir 200 meteran pergerakan tanah tersebut,” kata dia menambahkan.

Warga yang memiliki rumah terdampak pergerakan tanah, kata Dadang, mengungsi ke rumah saudaranya yang aman dan rumah kosong. Mereka dibantu aparat desa, warga sekitar dan dua relawan di Pusdalops BPBD.

“Saya tugaskan untuk terus memantau dan memonitor di lokasi,” ujarnya.

BPBD juga, kata Dadang, sudah memberikan bantuan bahan pokok siap saji, matras ada beberapa bantuan yang memang diperlukan oleh warga yang terdampak.
“Jadi kita bantu terus dalam penanganan bencana di Panawangan tersebut,” ujarnya.

Baca juga : Rumah Warga Rancah Ciamis Disambar Petir, Begini Kondisinya..

Soal permintaan dari warga tentang kondisi tanah, kata Dadang, pihaknya baru mengirimkan surat kepada Badan Geologi.
Mudah-mudahan Tim Geologi Jawa Barat segara turun kelapangan dan bisa memberikan analisis di lokasi terhadap pergerakan tanah tersebut.

Dari hasil penelitian Badan Geologi itu, kata Dadang, akan diputuskan: apakah nantinya harus relokasi. Termasuk bentuk rekayasa rumah nanti atau dalam bentuk rekayasa lahan.

“Kemungkinan rekomendasinya seperti apa, nanti kita pelajari sejak (hasil penelitian) itu,” ujarnya.

Bagaimana dengan jalan kabupaten yang juga terkena retakan tanah? Kata Dadang, jalan tersebut tidak sampai terputus dan masih bisa akses dilalui dan normal.

“Jadi untuk aktivitas jalan hanya adanya pergeseran sedikit,” kata dia menjelaskan.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya menjelaskan, pihaknya bersama tim telah menyuplai sembako sebanyak 27 paket dari Dinas Sosial Kabupaten Ciamis. Bantuan tersebut dikirimkan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana alam pergeseran tanah di Panawangan.

“Kami berikan guna kebutuhan masyarakat yang terkena dampak bencana semoga yang kami berikan bisa bermanfaat,” ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.