Razia Kendaraan, Sekat Massa Aksi

176
0

KADUNGORA – Polres Garut terus melakukan langkah untuk meminimalisir pergerakan massa ke Jakarta menjelang penetapan hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 oleh KPU Rabu (22/05). Salah satu caranya, yakni melakukan razia kendaaraan di jalur utama, baik itu perbatasan Bandung-Garut maupun Garut dan Tasikmalaya.

“Kita terus tingkatkan razia malam di jalan untuk menyekat massa yang ingin ke Jakarta (mengikuti aksi),” ujar Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna kepada wartawan di Mapolres Garut Selasa (21/5). Dalam razia malam itu pihaknya melibatkan unsur TNI dengan sasaran razia, selain penghalauan massa juga antisipasi bahan peledak, senjata api, senjata tajam, surat-surat kendaraan dan alat peraga aksi.

Hasil sementara, pihaknya telah mengamankan dua kendaraan roda empat jenis Datsun karena tidak memiliki surat-surat kendaraan dan mengamankan Avanza Hitam yang membawa penumpang enam orang menuju Jakarta.

Amankan Lima Orang

Tim gabungan dari Polres Garut, Kodim dan Brimob Polda Jawa Barat mengamankan lima orang dalam razia. Kelima orang berinisial S, Y, AH, B dan J itu diamankan petugas gabungan di wilayah Kecamatan Malangbong sekitar pukul 16.30 Selasa (21/5).

Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna mengatakan penangkapan kelimanya berawal ketika pihaknya melaksanakan operasi penghalauan massa aksi people power di perbatasan Garut-Tasikmalaya. Ketika itu, petugas mencurigai kendaraan Isuzu mu-X hitam yang berputar arah.

Petugas pun mengejar mobil tersebut. “Kami kerjar dan berhasil diberhentikan di Tanjakan Malangbong,” katanya. Saat diberhentikan, kelimanya tak ada perlawanan. Mereka langsung diikat dan dibawa ke Polda Jabar.

Dari hasil pemeriksaan sementara, kata dia, kelima orang tersebut merupakan diduga jaringan teroris yang bergerak dari Ciamis. “Tujuannya mau ke Jakarta. Mereka mau ikut aksi,” ujarnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.