Razia Prokes Serentak di Kabupaten Tasik, Masih Banyak Pelanggar

62
0
RAZIA. Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya terus gencar melakukan operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan di Kecamatan Singaparna, Padakembang, Puspahiang, Manonjaya dan Cineam, Jumat (22/1). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

GUGUS Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menggelar operasi yustisi secara serentak di lima kecamatan, Jumat (22/1).

Operasi tersebut ditekankan kepada masyarakat yang tidak memakai masker saat keluar rumah. Dari hasil operasi tersebut, puluhan lebih pelanggar yang tidak memakai masker terjaring razia dan diberikan sanksi sosial dan fisik, baik disuruh membersihkan lingkungan dan push up sambil jongkok dan berbaring.

Selain diberi sanksi, pelanggar diberikan imbauan akan bahaya Covid-19, pemahaman 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak tidak berkerumun serta diberi masker.

Kapolsek Singaparna Kompol Tommy Widodo Arief SH MSi mengatakan, operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan di Kecamatan Singaparna dilaksanakan melibatkan personel TNI/Polri, Satpol-PP, Dishub, Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) dan BPBD tingkat kabupaten dan kecamatan.

“Sebanyak 28 orang personel dari TNI/Polri, Satpol-PP, Dinkes, Dishub dan BPBD diterjunkan dalam operasi yustisi gabungan ini. Kita bagi dua tim. Satu tim di Kecamatan Singaparna dan satu tim lagi di Kecamatan Padakembang,” terang Tommy kepada Radar, kemarin.

loading...

Baca juga : Puluhan Rumah Rusak Dihempas Angin Kencang di Kota Tasik

Dia menjelaskan, dari hasil operasi yustisi di dua titik kecamatan Singaparna dan Padakembang, ada 30 orang pelanggar yang tidak menggunakan masker dan diberikan sanksi sosial dan fisik serta diberi masker. Sebanyak 30 orang lagi diberikan teguran secara lisan.

“Selain sanksi sosial dan fisik, kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan,” papar dia.

Operasi yustisi juga dilaksanakan di Kecamatan Manonjaya, hasil operasi masih banyak ditemukan masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Termasuk masih kurangnya pemahaman masyarakat terhadap penyebaran Covid-19 dan ditemukan adanya toko yang beroperasi di luar jam yang sudah ditentukan.

Operasi yustisi dilaksanakan di Pos Terpadu Covid-19 Kecamatan Manonjaya dan Gunungtanjung. Selain operasi yustisi patroli keliling juga dilaksanakan oleh TNI/Polri, Satpol-PP, Dishub dan BPBD.

Selain itu juga, dilaksanakan pengawasan, pengamanan dan sosialisasi di pasar modern maupun tradisional, rumah sakit, tempat rekreasi dan rumah sakit. Termasuk pemantauan kegiatan rapid test atau swab di tempat-tempat tertentu yang dianggap rawan atau berpotensi terjadinya penyebaran Covid-19.

Dari hasil operasi yustisi di Kecamatan Manonjaya, sebanyak 13 teguran lisan, 51 teguran tertulis, tujuh sanksi sosial, empat sanksi fisik dan dilakukan juga pembagian 50 masker kepada masyarakat.

Kapolsek Cineam AKP Semiyono SH menambahkan, dari hasil pelaksanaan operasi yustisi di wilayah hukum Polsek Cineam di Pertigaan Kantor Desa Madiasari sebanyak 28 teguran lisan dikeluarkan.

“Selain di pertigaan jalan juga operasi dilaksanakan di ruang publik lainnya seperti pasar, tempat perbelanjaan dan ruang publik lainnya,” kata dia.

Kapolsek Puspahiang AKP Asep Nurjaman mengatakan hasil operasi yustisi yang dilaksanakan di depan Puskesmas Puspahiang hasilnya sebanyak 16 kali teguran dikeluarkan, dengan sanksi sosial 14 kali, fisik empat kali dan pembagian masker sebanyak 20 buah. “Ditambah pemasangan dua spanduk dan baliho,” papar dia. (dik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.