Realisasi DD Rampung 100 Persen

85
RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA MENINJAU. Kepala Desa Sukamanah Drs Totong Ahmad meninjau pengaspalan jalan desa menggunakan sepeda motor Selasa (11/12).

CIGALONTANG – Pemerintah Desa Sukamanah Kecamatan Cigalontang sudah merealisasikan alokasi dana desa (DD) tahun ini 100 persen. Mulai dari pembangunan infrastruktur dan kegiatan lainnya sudah bisa dinikmati masyarakat.

“Alhamdulillah pembangunan di Desa Sukamanah telah selesai dilaksanakan. Ini merupakan antusias warga cukup besar dalam membangun desa Sukamanah ini, sekarang semuanya bisa dinikmati masyarakat,” ujar Kepala Desa Sukamanah Drs Totong Ahmad kepada Radar, Selasa (11/12).

Totong mengatakan pembangunan infrastruktur merupakan hasil rapat dan musyawarah dengan warga. Sehingga pembangunan yang dilakukan sudah menjadi prioritas dan harapan masyarakat.

Jelas dia, untuk tahap pertama berhasil membangun kirmir tembok penahan tanah di Jalan Kampung Sindangsono. Kemudian ada pengadaan peralatan sarana olahraga, bantuan insentif atau operasional pemberdayaan kampung KB, posyandu dan BUMDes.

Kata dia, pada tahap kedua pembangunan masih pada tembok penahan tanah (TPT) kirmir, pemasangan PJU tiang dan PJU stang, penyertaan modal BUMDes, penyertaan modal BUMDes Desa.

“Tahap ketiga digunakan pembangunan pengaspalan jalan desa dan pembangunan kirmir jalan desa. Selain infrastruktur, dana desa juga digunakan untuk pemberdayaan masyarakat. Diantaranya sudah menganggarkan untuk operasional posyandu dan kampung KB,” paparnya.

Tahun sebelumnya, kata dia, alokasi dana desa juga digunakan untuk pengadaan mobil angkutan dan ambulans untuk pelayanan bagi masyarakat di Desa Sukamanah.

“Dengan adanya pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dari dana desa, alhamdulillah semua bisa menikmatinya. Dan saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan ke desanya,” ungkapnya.

Terang dia, tahun depan sudah direncanakan pembangunan gedung serbaguna. Sehingga nantinya berbagai kegiatan di desa bisa terpusat di gedung serbaguna ini.

“Gedung serbaguna juga merupakan aspirasi dari masyarakat. Mengingat di Desa Sukamanah belum ada sarana penunjang untuk aktivitas atau kegiatan warga, termasuk sarana olahraga,” paparnya.

Totong berharap masyarakat bisa memelihara semua hasil pembangunan yang sudah direalisasikan. Sehingga usia dari bangun tersebut bisa awet untuk dinikmati. (obi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.