Referensi untuk Pendidikan Nasional

352
0
foto-foto: charles bale / radar tv EKSPRESIF. Peserta, fasilitator dari Radar Training Centre (RTC), Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya dan PermataBank Syariah foto bersama usai Pelatihan Guru Pendidikan Usia Dini di Sekolah Islam Al Azhar, Tamansari Kota Tasikmalaya Sabtu (18/11). Pelatihan yang dilaksanakan Radar Training Centre bekerja sama dengan PermataBank Syariah dan Disdik Kota Tasikmalaya ini mewujudkan pendidikan di Kota Tasikmalaya sebagai referensi pendidikan nasional.

Semangat, gembira dan antusias tinggi mewarnai Pelatihan Guru Anak Usia Dini yang dilaksanakan Radar Training Centre (RTC) bekerja sama dengan PermataBank Syariah dan Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya.

Sesi ketiga pelatihan guru PAUD untuk meningkatkan kompetensi pedagogi dan profesional melalui Indigenous Multiple Intelligence ini dilaksanakan di aula Sekolah Islam Al Azhar, Tamansari, Kota Tasikmalaya Sabtu (18/11). Pesertanya adalah 100 guru PAUD dari Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kota Tasikmalaya.

Peningkatan profesionalitas guru PAUD tersebut untuk peningkatan kualitas pendidikan dan menjadi bagian dari mimpi besar PermataBank Syariah mewujudkan pendidikan di Kota Tasikmalaya sebagai referensi pendidikan secara nasional.

Para peserta mengikuti pelatihan dalam beberapa sesi. Di sesi pertama, peserta dipandu fasilitator Yahya Setia Purwata yang akrab dipanggil Kang Yahya. Sesi pertama ini disambut antusias oleh para peserta. Mereka gembira, ceria dan semangat.

Di sesi pertama bersama Kang Yahya mengajak peserta bermain games ice breaking big group, yang mengundang kehebohan dan tawa peserta. Karena dalam games ini peserta diajak membuat kelompok dengan metode instant grouping, melalui animal games. Di mana peserta hanya boleh memanggil teman yang sama dengan menirukan suara binatang yang telah ditentukan.

Setelah terbentuk kelompok, kreativitas para guru PAUD diuji dengan membuat yel atau lagu sesuai dengan nama kelompoknya. Kemudian, mereka mempersentasikannya di depan peserta lainnya.

Loading...

Di sesi pertama selain pembentukan kelompok, peserta juga diajak menghafal bagian dan fungsi otak dengan cara dinyanyikan menggunakan nada dan irama yang dianggap tidak asing ditelinga para peserta. Dengan demikian, dengan nada dan irama ini peserta bisa dengan mudah mengingat bagian dan fungsi otak.

Sebelumnya, Kang Yahya juga menyampaikan bahwa sikap setiap individu menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi cara belajar atau menerima informasi. Hal ini disampaikan agar peserta pelatihan bisa memfokuskan diri dan totalitas selama mengikuti pelatihan.

Kang Yahya menjelaskan suasana gembira merupakan bagian sangat penting sebagai instrumen utama untuk memudahkan informasi tentang gambaran umum neurosains terkait tumbuh kembang anak usia dini. Oleh sebab itu fun, enjoy and easy ialah sebuah cara yang dilakukan secara konsisten dalam setiap pelatihan yang dipandu Kang Yahya dan tim RTC.

Di sesi kedua, peserta disuguhkan materi indigenous multiple intelligence. Fasilitatornya, Basuki Winoto MPsi. Di sesi ini peserta di samping dibekali dengan materi yang bisa membantu dalam menghadapi berbagai karakter peserta didik. Agar tidak jenuh dan tetap terjaga suasana ceria, Mas Bas (sapaan akrabnya) juga mengajak peserta untuk ikut aktif dengan ice breaking nada dan gerak yang memiliki kaitan erat dengan materi yang disampaikan. Yakni tentang macam-macam kecerdasan yang ada dalam diri.

Di sesi akhir, masih terkait kecerdasan majemuk yaitu kecerdasan spiritual peserta diajak untuk lebih mengenal diri sendiri (who am I), karena sejatinya manusia adalah makhluk spiritual, peserta dibawa untuk dapat mengenal hakikat dari proses perjalanan kehidupan manusia dari dari dalam kandungan sampai kepada kematian, di mana perjalanan kehidupan manusia tersebut tersimbulkan dalam rukun Islam yaitu ibadah haji. Kata haji sendiri memiliki makna perjalanan. Maka menjadi penting ketika seseorang harus mengetahui hakikat perjalanan haji adalah prosesi perjalananan kehidupan manusia itu sendiri dan haji menjadi kewajiban bagi manusia yang mampu untuk dilaksanakan.

Sesi akhir ini Head Hajj Business PermataBank Syariah, Jakarta Edit Estetika berbagi motivasi dan inspirasi bersama para peserta. Dia menjelaskan perjalanan yang sangat penting dalam hidup manusia yakni mengunjungi Tanah Suci Makkah melalui ibadah haji.

Dalam kesempatan tersebut Edit memperkenalkan beberapa program unggulan di PermataBank Syariah. Salah satunya tabungan Ibadah Haji. Dalam momen tersebut juga Edit memberikan doorprize sebagai bentuk apresiasi yang tinggi untuk para guru yang ikut serta pelatihan. Yakni ada dana tabungan awal ibadah haji di PermataBank Syariah. Doorprize itu diberikan kepada lima guru PAUD yang memiliki niat dan keiinginan kuat untuk ibadah haji. Harapannya itu bisa menambah motivasi bagi para peserta untuk melakukan Ibadah Haji dan yakin dengan Allah yang mencukupkan.

Edit juga menuturkan terkait pelatihan yang dilaksanakan bersama Radar Training Centre ke depannya ada kegiatan lanjutan. Diantaranya aktivitas dengan orang tua dan murid yang didampingi bunda yang sudah mendapatkan pelatihan dari RTC supaya lebih mengembangkan kreativitas dan inovasinya kepada peserta didik. (ais)

Terstimoni

Ketua Himpaudi Kota Tasikmalaya Rahma Mardia MPd

Sangat Terbantu
“Kami menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan bersama Radar Training Centre (RTC). Mudah-mudahan ke depan bisa terus dilaksanakan, karena memang guru PAUD ini sangat butuh sekali untuk meningkatkan kompetensinya, khususnya di Kota Tasikmalaya.
Terlebih berdasarkan kompetensi dan kualifikasi serta sesuai dengan aturan Permendikbud, belum sesuai dan terstandar, sehingga dengan adanya kegiatan dari Radar Tasikmalaya (Centre) dan PermataBank Syariah, kami sangat terbantu dan menyambut baik dan besar harapan tidak hari ini saja tapi tahun depan dan tahun selanjutnya terus berlanjut, agar semua pendidik PAUD yang bertugas mendidik anak usia dini ini benar-benar berkualitas.
Kualifikasi yang sesuai diantaranya, para pendidik PAUD dari jenjang pendidikan minimal S1 PAUD tapi saat ini kebanyakan belum S1 dan yang sudah S1 pun bukan S1 PAUD atau Psikologi. Untuk menyetarakan atau menyesuaikan dengan standar pemerintah disetarakan melalui peningkatan kompetensi diantaranya kegiatan seperti pelatihan dari RTC dan PermataBank Syariah.
Pesan kami, untuk guru PAUD jangan lelah belajar karena memang kita sangat membutuhkan ilmu dan ilmu terus update, anak juga terus berkembang khususnya anak-anak PAUD di Kota Tasikmalaya.”
Ketua Himpaudi Kota Tasikmalaya Rahma Mardia MPd

Head, Hajj Business Permata Bank Syar’iah, Jakarta. Edit Estetika

Sinergi Membangun Pendidikan
“Kita ingin bersinergi membangun pendidikan. Salah satunya melalui pelatihan ini yang memberikan bekal untuk para bunda yang mengajar di PAUD. Saya memilih Kota Tasikmalaya sebagai partner karena melihat dari animo masyarakat yang bagus, bahkan bukan hanya animo tetapi juga dukungan masyarkata Tasik yang begitu peduli kepada pendidikan disamping ada mitra-mitra kita sehingga kita laksanakan acara di Tasik.
Pendidikan menjadikan inti dari segala hal karena pendidikan ini membangun otak dan membangun jiwa, seperti dalam lagu Indonesia dikatakan membangun jiwa mulai dari pikiran. Mindset ini sangat penting, akal, pikiran dan hati kita disitulah mulainya, ketika itu menjadi benar maka Insya Allah akan benar selanjutnya.
Kita juga ada kegiatan lanjutan. Diantaranya aktivitas dengan orang tua dan murid yang didampingi bunda yang sudah mendapatkan pelatihan dari kami supaya lebih mengembangkan kreativitas dan inovatifnya kepada anak-anak. Fondasi awal pendidikan seenarnya dibangun dari yang paling kecil yakni keluarga, para pendidikan ini perlu mendapatkan bekal bagaimana kecerdasan atau fungsi otak ini, membedakan mana otak yang sehat dan mana otak yang normal karena itu tak terhingga.
Mimpi besar kami, ingin pendidikan ini menjadi sesuatu yang bersinergi, pendidikan di Tasikmalaya menjadi referensi untuk pendidikan secara nasional.
Dalam kesemapatan ini juga PermataBank Syariah memperkenalkan beberapa program unggulan. Diantaranya ada Tabungan untuk Haji. Kenapa haji ini menjadi penting, karena haji adalah inti dari perjalanan kehidupan manusia. Haji tidak hanya cukup dengan niat, tapi juga harus diwujudkan dengan PermataBank Syariah, Allah yang Maha Kaya biarkan Allah yang mencukupkan itu.
Kami juga mengapresiasi para pendidikan PAUD ini dengan diberikan dana tabungan awal untuk haji kepada lima orang. Mudah-mudahan dengan tabungan itu menambah motivasi dan menguatkan niat mereka untuk haji.”

Ai Nurkholisoh, TK Darul Muta’alimin, Cipedes

Besar Manfaatnya
“Alhamdulillah kegiatan hari ini sangat besar manfaatnya. Menambah pengetahuan dan wawasan terkait pendidik PAUD. Acaranya sangat menyenangkan. Jadi saya harus totalitas ikuti semua sesi. Semoga kegiatannya ada lagi. Saya juga sangat bahagia dapat tabungan awal untuk haji dari PermataBank Syariah. Ini impian saya dari dulu ingin Ibadah Haji. Bahkan anak saya sudah nanyain terus ingin ikut berangkat. Mudah-mudah dipermudah segalanya. Biarkan Allah yang ngatur semuanya.”

 

 

Nisa Nurul Azizah, Kober Assalam, Indihiang

Menyenangkan, Dapat Ilmu Baru
“Menyenangkan. Dapat ilmu baru. Dapat keluarga baru. Menambah wawasan yang tadinya tidak tahu jadi tahu. Yang paling berkesan selain materi yang disampaikan, juga penghayatan kita harus yakin bisa naik haji. Harapannya setiap tahun ada agar menciptakan guru-guru PAUD yang makin produktif, kreatif dan inovatif.”

 

 

 

Ulfah Nurzakiyah, SPS TAAM Al Falah, Tawang

Mengagumkan Sekali
“Subhanallah sangat bahagia dan mengagumkan sekali dengan adanya kegiatan seperti ini. Selama pelatihan, saya antusias karena saya ingin tahu banget. Jadi saya harus mengikuti dengan maksimal. Saya berharap setiap tahun ada lagi agar kita makin paham bagaimana kerja otak kita dan bisa lebih baik dalam mendidik anak terutama untuk anak usia dini.
Saya juga senang sekali karena dapat tabungan haji dari PermataBank Syariah, karena dari dulu saya ingin sekali berangkat haji, terutama saya ingin sekali memberangkatkan orang tua, sebagai bagian dari bakti saya kepada orang tua, saya akan berusaha untuk menabung serajin mungkin. Terima kasih PermataBank Syariah.”

 

Asep Subarna, KB Baiturrohman, Bungursari

Bermanfaat, Berkesan
“Alhamdulillah dengan pelatihan guru PAUD ini saya sangat bersyukur, terima kasih untuk semua pihak yang terlibat sehingga terlaksana kegiatan pelatihan ini, Radar Training Centre, Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, PermataBank Syariah dan semua pihak yang mendukung. Semoga untuk ke depannya diperbanyak untuk peserta pelatihannya. Jangan dibatasi tiap kecamatannya, karena secara pribadi saya termasuk dari kota pasisian (pinggiran) di Bungursari. Meskipun jauh, saya datang karena melihat dari apa yang diprogramkan sangat bermanfaat untuk peserta didik yang akan datang. Yang paling berkesan bagi saya adalah materi tentang kerja otak kita, ini bermanfaat supaya lebih baik dalam pembelajaran.”

Eem Rohmah, KB Nurul Falah, Bungursari

Pembedaharaan Ilmu Bertambah
“Saya bersyukur saya dapat ilmu yang belum pernah saya dapatkan dari yang lain dan pelatihan ini sangat berbeda. Pembedaharaan ilmu untuk saya bertambah dan saya dapat ilmu baru untuk mengajar di PAUD. Saya amat sangat bahagia dan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata dengan terpilihnya saya dan Allah memberikan kesempatan untuk bisa membuka tabungan haji yang dari dulu sangat saya impikan. Dari dulu ingin nabung tapi selalu aja ada hambatan, pelatihan ini menjadi salah satu jalan untuk saya. Untuk pelatihan hari ini saya berharap setiap tahun dilaksanakan supaya guru PAUD dan Kober lebih pintar dan bisa mendidik generasi muda yang akan datang, karena kecerdasan nomor dua, yang paling utama dalah akhlak dan karakter, yang sholeh pasti pintar dan yang pintar belum tentu sholeh.” (ais)

Ai Nurkholisoh, TK Darul Muta’alimin, Cipedes

Besar Manfaatnya
“Alhamdulillah kegiatan hari ini sangat besar manfaatnya. Menambah pengetahuan dan wawasan terkait pendidik PAUD. Acaranya sangat menyenangkan. Jadi saya harus totalitas ikuti semua sesi. Semoga kegiatannya ada lagi. Saya juga sangat bahagia dapat tabungan awal untuk haji dari PermataBank Syariah. Ini impian saya dari dulu ingin Ibadah Haji. Bahkan anak saya sudah nanyain terus ingin ikut berangkat. Mudah-mudah dipermudah segalanya. Biarkan Allah yang ngatur semuanya.”

 

 

Imas Masitoh,TAAM Al Hasanah, Cipedes (1)

Bahagia Sekali
“Saya dapat ilmu baru yang bermanfaat diantarnya tentang fungsi otak, tentang cara mengajar anak didik dan cara menghadapi anak didik yang berbeda karakter dengan metode yang berbeda. Saya juga bahagia sekali setiap berdoa ada kesempatan untuk berangkat haji. Kalau nggak buat saya bisa untuk orang tua. Meskipun suami sakit-sakitan dan anak masih sekolah semoga bisa lanjut menabung. Saya berharap sekali saat pelatihan terpilih menjadi salah satu yang dapat tabungan haji. Saat ditunjuk, hati saya bergetar, saya yakin terpilihnya saya ini kehendak Allah. Untuk pelatihan ini dari awal saya ikuti dengan tenang dan hati yang ikhlas, diniatkan untuk belajar.”

 

Dini Andriani

Tersentuh, Ilmu Bermanfaat
“Sangat menyenangkan dan tersentuh, saya sampai nangis. Mudah-mudahan ke depannya terus ada dan lebih baik, karena ilmu yang didapat sangat bermanfaat.”

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.