Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.8%

19.6%

8%

68.6%

Rehabilitasi Pecandu Narkoba di Yayasan Maung Bodas Ciamis Gratis

155
0
MERAWAT. Pemilik Yayasan Maung Bodas Kecamatan Rancah Purnama merawat warga yang kecanduan narkoba secara sukarela, Senin (24/8).

CIAMIS – Narkoba memang masih menjadi musuh bersama, terlebih bagi generasi muda. Bahkan banyak yang sampai gangguan jiwa karena mengkonsumsi dan kecanduan barang haram tersebut.

Persoalan ini jelas menjadi pekerjaan rumah bersama untuk menuntaskannya.

Baca juga : Kadus Cicanar Landeuh Sukamantri Ciamis Didorong Warga Jadi Kades

Untuk mendapatkan kesembuhan kembali, para pecandu narkoba ini harus mengikuti rehabilitasi dan pengobatan panjang. Yayasan Maung Bodas Kecamatan Rancah terdapat beberapa orang pecandu narkoba yang sedang menjalani rehablitasi secara gratis.

Pimpinan Yayasan Maung Bodas Lodaya Purnama alias Ano menjelaskan, pihaknya saat ini merehabilitasi dua warga Bandung, satu warga Banjar dan satu warga Pangandaran. Mereka menjalani pengobatan dan rehabilitasi karena kecanduan narkoba.

“Saya bersyukur bisa membantu para korban kecanduan narkoba sampai bisa pulih dan kembali ke jalan yang benar serta menjadi taat dan patuh beribadah,” ujar Ano kepada Radar, Senin (24/8) pagi.

Selama menjalani rehabilitasi, kata Ano, santrinya mengikuti ilmu agama Islam, wirid, salat lima waktu, salat sunat dan menggaji. Dia bersyukur setelah menjalani rehabilitasi dua sampai tiga bulan, tiga orang sudah sembuh. Mereka kini mengaji di Yayasan Maung Bodas.

“Asalnya banyak melamun, bicara sendiri dan ada yang mengamuk, namun secara perlahan bisa sembuh,” ujarnya.

“Saya obati dengan penuh kasih sayang, baik dibersihkan rambut, kuku digunting bahkan sampai kita pijat juga, bahkan diajak berzikir mengucapkan asma Allah Swt,” jelas Ano.

Menurut Ano, pengaruh narkoba, terutama sabu-sabu seringkali merusak saraf dan jaringan otaknya, hingga bisa terganggu kejiwaannya. Dia mengimbau para pemuda atau siapa saja untuk menjauhi narkoba. Jangan berani mencobanya. Karena ujungnya ketagihan. Bahkan ujungnya bisa mengganggu kejiwaan.

Baca juga : Ganja & Sabu Beredar di Kota Ciamis, Pil Koplo di Pelosok

“Jauhi yang namanya narkoba, karena bisa-bisa jadi gila atau kalau sudah over dosis, liang lahat menanti,” tuturnya.

Menurut Ano, di Yayasan Maung Bodas, perehabilitasian korban narkoba dan gangguan jiwa tidak dipungut biaya alias gratis. “Saya kira kalau tidak direhab, bukannya sembuh, malahan tambah merajalela pengguna narkoba. Kematian makin banyak karena narkoba,” ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.