Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.8%

20.5%

8.5%

66.2%

Reka Adegan Nenek Warga Sukaraja Tasik yang Tewas Ditangan Cucunya

109
0

MANGUNREJA – Kasus pencurian dengan kekerasan dan pembunuhan yang menimpa Nenek Enyu (72) asal Desa Linggaraja Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasik, 21 September 2019 silam, direkonstruksi ulang Satreskrim Polres Tasikmalaya, Senin (22/6).

Dalam reka pembunuhan tersebut diketahui pada adegan ke-11, Andi (22) yang merupakan cucu dari korban membekap dan mencekik neneknya sendiri hingga meninggal dunia.

Pembunuh tersebut dilatar belakangi karena pelaku mempunyai hutang hingga nekat mencuri perhiasan neneknya, hingga tega membunuhnya.

Kanit I Resum Satreskrim Polres Tasikmalaya Dandan Ramdani mengatakan, dalam rekontruksi pembunuhan ini, ada sebanyak 21 adegan.

Menurut dia, pada adegan ke-11 korban dibunuh oleh pelaku dengan cara dicekik dan dibekap mulutnya pakai tangannya saat tersangka menginap di rumah neneknya.

Hingga di adegan terakhir, lanjut dia, pelaku meninggalkan jasad korban dan kabur ke Banyuasin Palembang.

“Ini motifnya pencurian dengan kekerasan hingga menyebabkan kematian. Nenek dibunuh oleh cucunya sendiri,” terang Dandan, kepada wartawan di Mako Polres Tasikmalaya.

Adapun barang curian perhiasan yang dibawa kabur pelaku, lanjut dia, adalah berupa kalung dan anting.

Pelaku sudah berencana mencuri perhiasan neneknya untuk membayar hutangnya.

“Karena saat mau mengambil perhiasan, neneknya sedang tidur, namun ketika kalungnya mau diambil, terbangun dan malah dibekap dan dicekik,” ujar dia.

Pelaku ditangkap di tempat persembunyian nya di Banyuasin, Palembang. Ditangkap Maret dan direka ulang Juni ini.

Jaksa Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya Rasyid mengatakan adegan rekontruksi ulang ini sebanyak 21 adegan, dan menjadi bahan kejaksaan untuk lanjut ke persidangan.

“Untuk menentukan ada unsur pidana nya, kita tunggu kelengkapan berkas selanjutnya dari penyidik Satreskrim Polres Tasikmalaya, termasuk hasil rekontruksi, berkas dipelajari lengkap atau P21 untuk perkara pembunuhan diancam 15 tahun penjara,” papar dia.

(diki setiawan)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.