Rekam Jejak Calon Baznas Kota Tasik Ditelusuri

51
0
IST RAPAT KOORDINASI. Panitia seleksi calon ketua Baznas Kota Tasikmalaya melaksanakan rapat koordinasi, Kamis (14/1).
Loading...

TAWANG – Sebanyak 10 kandidat yang mengikuti calon pimpinan (capim) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tasikmalaya sudah diputuskan lolos seleksi. Namun nantinya, hanya lima kandidat akan direkomendasikan menjadi pimpinan Baznas.

Peserta yang lolos seleksi itu yakni Ahmad Zaki Mubarak, Asep Rizal Asy’ari, Dodo Murtado, Irvan Hilmi, Mamad, Mohamad Hamim, KH Aminudin Busthomi, M Kaharudin Yasin, Nasihin dan Udin Zaenudin.

Panitia Seleksi Ketua Baznas Bidang Kesekretariatan, H Cecep Nurholis MPdi mengatakan ke 10 kandidat yang lolos tersebut merupakan hasil penilaian dari tim seleksi. Penilaian dilakukan secara objektif dari tes lisan dan tulisan sebelumnya.

“Termasuk tes baca tulis Alquran,” ungkapnya kepada Radar, Kamis (14/1).

Baca juga : HEBOH Mortir Ditemukan Warga Plang Kota Tasik

loading...

Ke-10 peserta yang lolos, kata dia, memiliki kelebihan masing-masing mengingat keanekaragaman figur mereka di masyarakat. Selain unsur ulama, ada juga dari akademisi, praktisi pendidikan, tokoh masyarakat juga unsur birokrat.

Menurut H Cecep, para peserta yang tidak lolos bukan berarti tidak punya kompetensi. Karena bagaimana pun, mereka bisa mendaftarkan diri setelah mendapatkan rekomendasi dari organisasi.

Berkas ke-10 peserta nantinya, akan diserahkan kepada Plt Wali Kota Tasikmalaya H M Yusuf dan selanjutnya diajukan ke Baznas Pusat. Tetapi, hanya ada lima peserta yang akan menjadi calon pimpinan Baznas Kota Tasikmalaya.

H Cecep melanjutkan pertimbangan dari Baznas Pusat bukan hanya sekadar normatif melihat berkas saja. Akan tetapi, nantinya akan ada tim yang datang ke Kota Tasikmalaya untuk menilai track record (rekam jejak) dari para kandidat. “Jadi penilaiannya tidak asal-asalan,” katanya.

Para kandidat pun akan kembali di wawancara oleh tim seleksi dari Baznas Pusat. Hal itu, guna menilai kompetensi kandidat secara langsung. “Bisa itu dipanggil atau didatangi oleh tim investigasi,” terangnya.

Maka dari itu, proses penilaian dari Baznas Pusat akan memakan waktu cukup lama. Sehingga pertimbangan kandidat yang direkomendasikan menjadi capim Baznas Kota Tasikmalaya. “Investigasi dari pusat bisa memakan waktu sekitar 20 hari,” katanya.

Menurutnya, kelima peserta yang direkomendasikan Baznas Pusat akan dijadikan pimpinan Baznas Kota Tasikmalaya. Selanjutnya, musyawarah akan dilanjutkan untuk menentukan siapa yang akan dijadikan sebagai ketua. (rga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.