Rekomendasikan Seorang Caleg Dicoret

141
0
Dr Agus F Hidayat SIP MSi

CIAMIS – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ciamis merekomendasikan pencoretan salah seorang calon anggota legislatif (caleg) berinisial J dari Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. Rekomendasi tersebut hasil sidang pelanggaran administratif tujuh caleg yang masih tercatat sebagai anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan tidak melampirkan surat pengunduran diri keanggotaan BPD saat daftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dari ketujuh caleg itu, hanya J yang tidak kooperatif. Caleg dari Partai Nasdem itu tidak datang pada sidang di Bawaslu dan tidak mengundurkan diri jadi anggota BPD. Adapun keenam caleg lainnya diminta untuk memperbaiki persyaratan administrasi. “Putusan persidangan administratif sudah kami kirim ke KPU Ciamis,” ujar anggota Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum dan Tindak Lanjut Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Ciamis Fanny Dwiriantini di kantornya di Jalan IR H Juanda No 261, Jumat (15/2).

Menurut Fanny, J juga mengirimkan surat ke Bawaslu yang inti isinya yang bersangkutan akan menerima apa pun hasil persidangan.

Ketua KPU Kabupaten Ciamis Dr Agus Fatah Hidayat SIP MSi menyatakan sudah menerima surat rekomendasi pencoretan J dari Bawaslu. Rekomendasi itu sedang diproses. Pihaknya tidak bisa langsung mencoret J karena akan menunggu yang bersangkutan banding ke Bawaslu Jawa Barat. Apabila banding J ditolak Bawaslu Jabar, maka pihaknya bisa mencoretnya. Demikian juga, apabila banding J diterima dan keputusan Bawaslu Jabar berbeda dengan Bawaslu Ciamis serta J sudah mengundurkan diri dari keanggotaan BPD, maka J bisa tidak dicoret. “Setelah tiga hari diputuskan, partai bisa banding,” ujar Agus.

Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Ciamis Dafid Firdaus menilai J sudah lolos verifikasi kelengkapan administrasi berdasarkan Daftar Calon Tetap (DCT) KPU. Soal yang bersangkutan masih menjadi anggota BPD, tinggal membuat surat pengunduran diri saja.

“Kenapa diusulkan oleh KPU dan direkomendasikan Bawaslu dicoret,” ucap dia.

Dia akan mempertahankan caleg­nya apabila sudah meme­nuhi aturan. Kalau memang ada persyaratan yang kurang seharusnya ada pemberitahuan ketika yang bersangkutan mendaftarkan diri.

Dafid menyebutkan J merasa sudah mengundurkan diri dari BPB. Bahkan, dia sudah membuat surat pengunduran diri dilengkapi meterai. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.