Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.8%

8.8%

2.4%

26.3%

2.6%

49.9%

0.1%

9.1%

0%
Awas Ada Calo Berkeliaran

Rekrutmen Panwascam di Pilkada Gratisf

35
0

PANGANDARAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran membuka pendaftaran bagi masyarakat yang berminat menjadi Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam). Nantinya mereka akan bertugas di Pilkada 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan mengatakan pendaftaran akan dibuka tanggal 27 November -3 Desember 2019. Dengan jumlah Panwascam yang dibutuhkan sebanyak 30 orang.

”Jadi tiap kecamatan ada tiga Panwascam, kami membuka selebar-lebarnya bagi masyrakat yang ingin bergabung, tentunya persyaratan berlaku,” ungkapnya kepada Radar, Minggu (17/11).

Menurutnya, beberapa syarat yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang Panwascam yakni tidak berafiliasi dengan partai atau calon manapun, kemudian tidak boleh menjadi tim sukeses, tidak pernah dijatuhi hukuman pidana dan mau bekerja dengan sungguh- sungguh serta penuh waktu.

”Tentu saja harus berintegritas tinggi dan memiliki kemampuan dibidang penyelenggaraan pemilu serta memiliki pengetahuan di bidang ketetanegaraan, kepartaian dan pengawasan pemilu,” ucapnya.

Lanjut dia, batas usia minimum untuk menjadi seorang Pamwascam adalah 25 tahun. ”Jadi kalau usianya di bawah 25 tahun, tidak masuk kriteria, “ katanya.

Menurut Iwan, pendidikan paling rendah untuk seorang calon Panwascam adalah SMA sederajat. ”Kemudian yang bersangkutan tidak boleh memiliki ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pemilu, baik Bawaslu maupun KPU,” terangnya.

Kemudian yang terpenting lagi calon Panwascam tidak boleh memiliki riwayat diberhentikan secara tidak hormat dari organisasi penyelenggara pemilu. ”Kredibilitas sangatlah penting bagi calon Panwascam,” tuturnya.

Untuk itu, kata dia, masyarakat bisa menanyakan informasi lebih lanjut ke kantor Bawaslu di Jalan Raya Cibenda RT/RW 01/11 Parigi.

”Silahkan datang di hari kerja dan bisa dilihat informasi lebih lanjut di medsos Bawaslu kabupaten Pangandaran atau di media masa,” jelasnya.

Ia mengeaskan pendaftaran Panwascam sepenuhnya gratis, tidak dipungut biaya apapun. ”Kalau ada yang meminta uang, laporkan ke kami untuk ditindaklanjuti ke kantor polisi,” tegasnya.

Sebab, sambung dia, bisa saja ada pihak ketiga atau calo berkeliaran dengan melakukan pungutan liar (pungli). ”Kami sangat serius, jika ada yaang memungut, pasti akan langsung dilaporkan,’” tegasnya. (den)

loading...