Rektor Universitas Galuh Dukung Rencana Pemkab Ciamis Jadikan Gunung Sawal Sebagai Hutan Konservasi

598
0
Loading...

Rencana Pemkab Ciamis menjadikan Gunung Sawal menjadi hutan konservasi mendapatkan dukungan dari Rektor Universitas Galuh Dr H Yat Rospia Brata Drs MSi.

Menurutnya, rencana perubahan Gunung Sawal dari kawasan hutan produksi menjadi konservasi merupakan langkah yang sangat luar biasa. Karena manfaatnya akan sangat besar dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Ciamis berpuluh-puluh tahun lamanya. “Bahkan dengan begitu, nantinya akan menjaga pengawetan tumbuhan dan satwa endemik di dalamnya, karena, Gunung Sawal banyak hewan endemik yang memang dilindungi seperti Macan Tutul maupun Macan Kumbang dan itu harus dijaga,” ujarnya kepada Radar kemarin.

Perubahan status hutan Gunung Sawal pun akan membuat ketersediaan air menjadi banyak.

“Saya yakin banyak manfaatnya untuk masyarakat Tatar Galuh, Ciamis bila Gunung Sawal menjadi hutan konservasi, salah satunya air yang bagus,” tutur Yat yang juga ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Ciamis ini.

Perubahan status hutan Gunung Sawal –menjadi hutan konservasi, kata dia, bukan berarti tidak boleh ada hutan produksi, namun nantinya ada zonasi mana yang masuk hutan produksi, mana wilayah yang masuk ke zona konservasi.

Loading...

“Tentunya itu juga, nanti menjadi pekerjaan rumah pemerintah daerah harus memberikan juga ruang untuk masyarakat sekitaran Gunung Sawal dengan memberikan batasan batasan seperti halnya zonasi lokasi mana hutan produksi,” kata dia.

“Itu yang harus dipikirkan pemerintah mengenai zonasi, karena agar tidak terganggunya hewan langka dan tidak lagi masuk ke masyarakat,” kata dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.