Relawan Perbaiki Tanggul yang Jebol di Kalipucang Pangandaran

44
0
Istimewa. GOTONG ROYONG. Para relawan gotong royong membendung tanggul yang jebol di Kecamatan Kalipucang.
Istimewa. GOTONG ROYONG. Para relawan gotong royong membendung tanggul yang jebol di Kecamatan Kalipucang.

PANGANDARAN – Satgas Penanggulangan Bencana Kalipucang bergerak cepat menangani tang­gul yang jebol di Dusun Kedungpalungpung Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang.

Camat Kalipucang Nana Sukarna mengatakan, tanggul yang jebol itu merupakan perbatasan antara Kecamatan Kalipucang dan Padaherang. “Akibatnya ratusan hektar sawah pun terendam banjir,” ujarnya kepada Radar, Jumat (20/11).

Menurut dia, pihaknya bergotong royong untuk memperbaiki tanggul yang jebol dengan menggunakan kayu dan pasar, yang dimasukan ke dalam karung. “Jadi dengan bahan seadanya kita bendung terlebih dahulu,” ucapnya.

Baca juga : Kepala Dinas Kesehatan Pangandaran Positif Covid-19, PNS Dilarang ke Luar Kota

Kata dia, para relawan mengangkut bahan material itu dengan meng­gunakan perahu. “Apabila tidak segera dibuatkan tanggul, khawatir saat hujan turun dan debit air meningkat, sebanyak 50 rumah warga akan terancam,” ungkapnya.

Menurutnya, pesawahan milik warga juga akan terendam lagi dan mereka akan merugi ratusan juta rupiah. “Karena dikha­watirkan cuaca buruk akan terus ber­langsung,” ucapnya.

Satgas Penang­gul­angan Ben­cana, kata dia, sudah di­ben­tuk beberapa bulan ke belakang, jadi ketika adanya bencana, satgas harus siap dan sigap ke­siapsiagaan bencana yang berada di wilayah Kecamatan Kalipucang.

“Reaksi cepat ini Alhamdulillah bisa selesai satu hari, dan ini berkat semua pihak yang mem­bantu di antaranya masyarakat se­tempat, Pemdes Desa Tunggilis, Koramil juga Polsek Kalipucang,” pungkasnya. (den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.