Relawan PMI untuk Gempa Lombok Gugur

7

JAKARTA – Palang Merah Indonesia (PMI) berduka. Afni Fastabiqul Strata Utama atau Tata (26), relawan PMI asal Pekalongan, Jateng gugur saat bertugas membantu korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dia sudah berada di lokasi bencana sejak 18 Agustus lalu.

Informasi duka ini disampaikan Koordinator Tim Water Sanitation Hygiene (WASH) PMI Sukri. Dalam keterangannya, ia mengungkap bahwa Tata meninggal dunia pada Jumat (24/8) sekitar pukul 07.30 WITA. Selama di Lombok, Tata tergabung dalam tim WASH dan rencananya bertugas selama sebulan.

“Semasa bertugas, almarhum bertugas mendistribusikan air bersih ke warga-warga yang membutuhkan di sejumlah desa di Lombok Utara,” ungkap Sukri dalam keterangan resminya yang diterima jawapos.com, Jumat (24/8).

Pagi sekitar pukul 06.15 WITA, Tata sempat dibangunkan dari tidurnya oleh rekan-rekannya. Mereka berada di Camp WASH PMI Dusun Lokorangan Desa Kayangan Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara.

Para relawan berencana melakukan aktivitas seperti biasa. “Saat dibangunkan, Tata saat itu masih sadar. Tapi ia kembali tidur. Saya pikir mungkin dia masih butuh tidur karena hari masih pagi,” terangnya.

Sekitar satu jam berselang, rekan-rekan Tata kembali membangunkannya. Akan tetapi Tata tidak merespons. Setelah diperiksa, nadi Tata sudah tak berdenyut.

Tim WASH lalu bergegas mengontak Tim Medis PMI yang berada di Posko PMI Rest Area Kayangan untuk meminta dipanggilkan ambulans. Pemeriksaan yang dilakukan tim dokter di puskesmas pun kembali menunjukkan hasil serupa.

Akhirnya pada pukul 07.30 WITA, Tata dinyatakan meninggal dunia. Jenazah kemudian dibawa ke Markas PMI NTB di Mataram untuk acara pelepasan resmi dan doa bersama oleh Pengurus dan para relawan.

Humas PMI Jateng M. Nasir menambahkan, jenazah Tata baru diterbangkan dari Lombok menuju Jakarta pukul 18.55 WITA. Sesampainya di ibu kota, jenazah diantar ke Pekalongan. (gul/jpc)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.