Relokasi Lapas, Pemkot Tasik Siapkan Lahan 3 Hektar

140
0

KOTA TASIK – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasik akan menyediakan kurang lebih tiga hektare lahan untuk relokasi Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tasikmalaya.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman mengatakan, rencana relokasi Lapas itu sudah sejak lama diwacanakan pemerintah Kota Tasikmalaya sejak tahun 2000 lalu. Sehingga wacana relokasi lapas ini sudah 20 tahun lalu.

“Sebetulnya itu sudah kami siapkan untuk tempat relokasi sekitar tiga hektare,” katanya kepada radartasikmalaya.com, Kamis (18/06) pagi.

Budi menerangkan, Lapas Tasikmalaya ini memang sudah over kapasitas. Bahkan kapasitanya dirancang hanya untuk menampung 88 orang warga binaan. Namun, kini menampung 300 lebih warga binaan.

“Artinya itu sudah 4 kalilipat dari kapasitas, sehingga sudah tidak manusiawi,” terangnya.

Sebetulnya, beber Budi, pemerintah Kota Tasikmalaya pernah mengusulkan ke Kementerian Hukum dan HAM Kanwil Provinsi Jawa Barat melalui Lapas Tasikmalaya mengenai relokasi lapas tersebut.

“Bahkan kami sudah bertemu dengan kepala Lapas dan meresponnya,” bebernya.

Dia menambahkan, relokasi Lapas itu tidak mudah. Namun Pemeritah akan terus berjuang termasuk membahasnya dengan DPRD untuk masalah anggarannya.

“Karena rencana kedepan lahan bekas lapas itu akan digunakan untuk kepentingan masyarakat,” tambahnya.

Dalam hal relokasi ini, pemerintah hanya menyiapkan lahan saja untuk relokasi Lapas tersebut, dan itu sudah disiapkannya seluas tiga hektare.

“Itu akan kita cari yang sesuai dengan tata ruang Kota Tasikmalaya. Tentu tidak jauh dari Polres, Kejasaan dan Pengadilan. Lahan itu dengan perhitungan nanti lahan bekas Lapas menjadi milik pemerintah Kota,” jelasnya.

Lahan bekas lapas itu, nantinya bila sudah direlokasi bisa digunakan sebagai tempat kepentingan masyarakat, salah satunya menjadi tempat parkir dan lainnya.

“Intinya untuk pentingan umum, tidak untuk pertokoan dan perkantoran. Yang lebih cocok kayanya tempat parkir karena di pusat kota belum memiliki tempat parkir,” tukasnya.

Kesimpulannya, tandas dia, dalam hal relokasi, Pemerintah Kota akan segera menyiapkan lahan untuk relokasi  lapas tersebut.

Agar warga binaan mendapatkan tempat pembinaan yang layak untuk menuju kehidupan lebih baik. “Itu akan kami prioritaskan,” tandasnya.

(rezza rizaldi)

Berita terkait : Over Kapasitas & tak Manusiawi, Lapas Tasik Harus Direlokasi
Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.