Remaja Putus Sekolah Dilatih Las Listrik

4

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PADAKEMBANG – Sebanyak 64 peserta pelatihan berbasis kompetensi (PBK) binaan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tasikmalaya akan mengikuti uji kompetensi yang dilaksanakan pada Kamis (13/9).

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) BLK Kabupaten Tasikmalaya Eman Sulaeman mengatakan peserta yang sedang melaksanakan pelatihan di desa-desa akan segera mengikuti uji kompetensi. “Para peserta ini nantinya akan diuji langsung oleh delegasi Lembaga Sertifikasi Profesi Balai Latihan Kerja Bandung,” ujarnya kepada Radar, Jumat (7/9).

Kata Eman, saat ini peserta yang sedang melakukan pelatihan diantaranya di Desa Cipakat latihan teknik sepeda motor, Desa Cisaruni las listrik, Desa Ciawang tata rias pengantin dan Desa Buniasih latihan servis HP. “Masing-masing peserta di setiap desa itu ada 16 orang. Yang akan diujikan adalah teknik sepeda motor, las listrik dan servis HP.

Sedangkan rias pengantin tidak diujikan,” terangnya. Lanjut dia, jika para peserta lulus dalam uji kompetensi ini akan mendapatkan sertifikat yang diakui oleh dunia industri dan mempermudah ketika mencari pekerjaan.

Kepala Desa Cisaruni Kecamatan Padakembang Asep Supriadi SSos I mengatakan 16 orang ini merupakan remaja yang sudah putus sekolah. Mereka diberikan pelatihan untuk bisa memiliki keahlian. “Sebetulnya yang mengajukan untuk pelatihan ini cukup banyak.

Tapi kita batasi sesuai dengan kuota hanya 16 orang. Jadi yang diutamakan adalah remaja putus sekolah,” terangnya. (obi)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.