Rencana Pembangunan Kota Tasik 2021 Dimulai, Pembahasannya via Videoconference

461
0

KOTA TASIK – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya telah memulai Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) untuk 2021, Senin (30/12) Siang.

Kick Off RKPD 2021 ini dilakukan Pemkot di Aula Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Tasik.

Dilakukan dengan cara videoconference yang dipimpin Wali Kota Tasik, Budi Budiman dan Wakil Wali Kita Tasik, HM Yusuf.

Turut hadir Ketua DPRD, Aslim, Ketua Komisi II, Andi Warsandi dan para kepala dinas se-Pemkot Tasik.

Kepala Bapplitbangda, Dindin Saefudin Ahmad mengatakan, ini adalah kick off untuk perencanaan pembangunan tahun 2021 yang nanti ujungnya adalah penyusunan RKPD.

“Jadi proses RKPD ini dimulai dari sekarang,” ujar Dindin kepada radartasikmalaya.com usai pertemuan tersebut.

“RKPD ini dimulai dari uji publik, Musrenbang tingkat kelurahan di tahun depan, kemudian Musrenbang tingkat kecamatan, lalu Musrenbang sektoral di Forum OPD, kemudian nanti ada Musrenbang tingkat kota yang akhirnya nanti kita membuat RKPD 2021,” sambungnya.

Jadi, terang dia, kick off ini sebetulnya adalah prosedur atau langkah yang harus dilaksanakan oleh daerah dalam membuat perencanaan pembangunan dalam kurun waktu 1 tahun.

“Nah yang baru dalam hal ini sekarang adalah memanfaatkan teknologi informasi,” terangnya.

Beber dia, dalam hal ini pihaknya bekerjasama dengan Diskominfo yang mempunyai tufoksi kaitan dengan pemanfaatan IT.

“Jadi kita berkolaborasi dalam rangka mengefisiensikan baik waktu dan tenaga. Jadi tak usah hadir seluruh camat dan lurah di Bappeda atau di Pemkot. Tapi cukup hadir di tempatnya masing-masing, sehingga lebih efisien dalam hal waktu,” bebernya.

Istilahnya, tambah dia, ini adalah videoconference kick off SKPD 2021. “Untuk Musrenbang ini kita rencanakan di tahun depan menyeleksi atau menilai pelaksanaannya di tingkat kelurahan dan kecamatan seperti ada Musrenbang Award. Nanti kita nilai bagaimana kualitas Murenbangnya dan partisipasinya masyarakat. Insya Allah akan terlaksana Musrenbang Award di 2021,” tambahnya.

Sementara itu Wali Kota Tasik, Budi Budiman menandaskan, terkait program kegiatan 2019 ini pada umumnya 99 persen sudah dilaksanakan dan juga penyerapannya sudah maksimal. “Untuk di 2020 banyak dan sesuai dengan visi misi kita,” tuturnya.

Jelas dia, program infrastruktur di 2020 lebih kepada pemukiman juga ada, pembangunan tata nilai semacam itu juga ada, termasuk juga kaitan sanitssi seperti ODF juga ada, draenase, dan PAM air bersih juga itu kita dorong.

“Termasuk juga untuk pemukiman-pemukiman kumuh jug ada. Sarana olahrags juga banyak di 2020 karena persiapan Porda 2022. Yaitu stadion, lapangsn softball, GOR Susi, GOr Sukapura dan lainnya. Banyak lah pokoknya,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.