Renovasi Pasar Pancasila Kota Tasik Dilanjut, Cikurubuk Ditunda

42
0
JADI PRIORITAS. Pasar Pancasila menjadi salah satu pasar yang akan tetap diperbaiki tahun ini, Rabu (13/1). RANGGA JATNIKA / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

TAWANG – Upaya perbaikan pasar tradisional di Kota Tasikmalaya akan dilanjutkan di Tahun 2021 ini. Namun demikian, kali ini sasarannya hanya Pasar Pancasila.

Tahun 2020 kemarin Pasar Cikurubuk dan Pasar Pancasila diagendakan untuk dilakukan perbaikan. Tetapi karena refocusing anggaran efek pandemi Covid-19, hal itu tertunda.

Kepala Dinas KUMKM Perindag Kota Tasikmalaya, H M Firmansyah menyebutkan tahun ini pembangunan yang bersumber dari bantuan Provinsi Jawa Barat itu akan berlanjut. Selain membuat infrastruktur pasar lebih baik, juga produktivitasnya.

“Jadi masuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” ujarnya kepada Radar, Rabu (13/1).

Baca juga : Banjir Sukaresik Tasik tak Kunjung Surut, 300 KK Terdampak

Loading...

Akan tetapi, upaya tersebut hanya berlaku untuk Pasar Pancasila saja. Karena saat ini penganggaran di provinsi pun masih fokus pada penanganan wabah Covid-19. “Jadi untuk Cikurubuk sementara ditunda dulu,” tuturnya.

Pasar Pancasila lebih diprioritaskan karena perlu diperbaiki secara menyeluruh, bahkan dibangun ulang dengan anggaran Rp 15 miliar. Beda halnya dengan Pasar Cikurubuk yang hanya memerlukan perbaikan sebagian saja. “Kalau Cikurubuk hanya blok yang bekas kebakaran saja,” terangnya.

Upaya perbaikan Pasar Pancasila sendiri sudah setengah jalan. Sebab Detail Engineering Design (DED) pun sudah disusun untuk diterapkan. “Itu kita lanjutkan, jadi tidak mulai dari awal lagi,” ujarnya.

Pihaknya belum bisa memastikan kapan pembangunannya akan dimulai. Diharapkan semua berjalan lancar dan prosesnya bisa segera dilaksanakan. “Yang jelas tahun ini harus selesai,” tuturnya.

Diharapkan dengan perbaikan Pasar Pancasila dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), produktivitas perekonomian bisa lebih baik. Meskipun pedagang harus direlokasi selama beberapa waktu selama proses pembangunan berjalan. “Nanti kita cari tempat relokasi yang strategis,” pungkasnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.