Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Retakan Tanah Rusak 20 Rumah

196
0
ISTIMEWA JEBOL. Rumah Asep Tatang di Dusun Subang RT 14/04 Desa Darmacaang rusak parah. Dinding samping rumahnya jebol akibat retakan tanah Selasa (27/2).

CIAMIS – Sebanyak 20 rumah Kecamatan Panumbangan dan Cikoneng rusak parah akibat retakan tanah yang terjadi sejak Jumat (23/2). Kerusakan terbanyak terdapat di Dusun Pamekaran Desa Payung Agung. Sedangkan di Dusun Subang RT 14/04 Desa Darmacaang hanya satu rumah yang rusak. Tapi kondisinya cukup parah.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya mengatakan rumah rusak di Darmacaang adalah milik Asep Tatang (38). Dinding samping rumah itu akhirnya ambruk kemarin pagi, setelah sebelumnya sempat retak.

“Jadi Desa Payung Agung termasuk rawan karena sebelum-sebelumnya, Maret tahun 2016 pernah terjadi tercatat dulu mencapai 57 rumah yang kena,” ungkap Ade saat ditemui di Mako Tagana, Jalan Tentara Pelajar Kabupaten Ciamis kemarin.

Saat ini, kata dia, pemilik rumah telah mengungsi saat ini mengungsi ke rumah saudaranya. Tagana sendiri masih melakukan pendataan. Menurut dia, retakan tanah masih terus terjadi meski tidak terlalu besar. Celah retakan bervariasi, mulai dari satu sentimeter sampai lima sentimeter.

“Namun kita ketahui memang di lokasi tersebut pernah terjadi pada tahun 2014 ada sekitar 15 rumah dan satu musala yang alami retak,” ungkapnya.

Dia pun mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan saat musim hujan. Sebab, wilayah itu memang rawan retakan tanah. “Kami mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan,” pungkasnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.