Retribusi Ikan Tangkap di Pangandaran Lebihi Target

28
0
SIBUK. Beberapa orang sedang memilih ikan di pelelangan Bojongsalawe Senin (1/2/2021). Retribusi ikan tangkap melebihi target yang ditentukan. Deni Nurdiansah/Radar Tasikmalaya
SIBUK. Beberapa orang sedang memilih ikan di pelelangan Bojongsalawe Senin (1/2/2021). Retribusi ikan tangkap melebihi target yang ditentukan. Deni Nurdiansah/Radar Tasikmalaya
Loading...

PANGANDARAN – Retribusi ikan tangkap di Kabupaten Pangandaran selama tahun 2020 mencapai Rp 2,28 miliar. Jumlah itu melebihi target yang ditentukan yakni Rp 1,7 miliar.

“Itu artinya kita melebihi target retribusi dari hasil ikan tangkap sebesar 119,33 persen. Ini patut disyukuri,” kata Kabid Ikan Tangkap Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran Rusmana Senin (1/2/2021).

Sementara untuk target produksi ikan tangkap selama tahun 2020 mencapai 1.258 ribu ton dari target produksi 2.843 ton. “Memang untuk produksi tidak mencapai target,” ujarnya.

Walaupun produksi ikan tangkap tidak mencapai target, nilai jual ikan bagus sepanjang tahun, sehingga target retribusi tercapai. “Untung saja nilai jualnya bagus,” kata dia.

Menurutnya, pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada produksi ikan di Kabupaten Pangandaran. “Jadi nelayan mempertimbangkan operasional dan lain-lain selama pandemi,” ucapnya.

loading...

Baca juga : Pelanggar Prokes di Pangandaran Didenda Rp50 Ribu

Kata dia, pada periode April sampai Juli tangkapan di Pangandaran tidak maksimal. “Terutama di Juli yang hanya mencapai 46,1 ton dan rata-rata produksi per bulanya mencapai 104,92 ton,” ujarnya.

Untuk target retribusi tahun ini, lanjut dia, mencapai Rp 5,4 miliar dan produksi mencapai 2 ribu ton. “Mudah-mudahan target itu bisa tercapai walaupun cukup berat,” katanya.

Menurutnya, Kecamatan Pangandaran menjadi daerah yang menyumbang retribusi dan produksi paling besar. “Rata-rata 50 persen,” ujarnya.

Salah seorang nelayan Eris (39) mengatakan tangkapan ikan di awal tahun masih berjalan normal. “Lumayan lah dapat beberapa kilo juga,” ucapnya. (den)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.