Retribusi Tangkapan Ikan di Pangandaran Capai Rp 2,6 Miliar

32
0
MENANGKAP IKAN. Sejumlah nelayan jaring arad sedang menangkap ikan di Pantai Timur Selasa (17/12). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya
MENANGKAP IKAN. Sejumlah nelayan jaring arad sedang menangkap ikan di Pantai Timur Selasa (17/12). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya
Loading...

PANGANDARAN – Retribusi dari tangkapan ikan di Kabupaten Pangandaran sepanjang tahun 2019 mencapai Rp 2,6 miliar lebih. Hal ini telah melebihi target yang ditentukan.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran Rusmana mengatakan capaian target retribusi ikan tangkap secara prosentase mencapai 100,75 persen.

”Itu tangkapan sampai bulan ini, artinya kita sudah mencapai target,” ujarnya kepada Radar, Selasa (17/12).

Menurut dia, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang paling banyak memberikan retribusi adalah TPI Pangandaran. Rata-rata capainya hingga Rp 1 miliar per bulan.

”Kemudian yang kedua adalah TPI Batukaras dengan rata-rata Rp 600 juta disusul TPI Bojongsalawe dengan rata-rata Rp 500 juta per bulan,” terangnya.

Dengan capaian itu, bidang tangkapan ikan dibebani target yang lebih tinggi tahun 2020 mendatang. ”Kita dibebani target hinga Rp 3,5 miliar, memang dirasa berat untuk tahun mendatang,” ucapnya.

Menurut dia, capaian target tangkapan ikan tahun ini ada pengaruh dari musim kemarau yang berkepanjangan.

Loading...

“Ada kekhawatiran musim hujan akan lebih panjang tahun depan dan itu akan membuat tangkapan ikan lebih sedikit,” jelasnya.

Namun ia berharap target tangkapan ikan tahun depan bisa mencapai target, atau bahkan melebihi capaian tahun 2019.

”Kita juga sudah memberikan bantuan perahu kepada nelayan sebagai upaya meningkatkan tangkapan ikan tahun depan,” jelasnya.

Seorang nelayan di Bojong­sa­lawe, Her­di (45) me­ngatakan tang­kapan ikan memang cukup me­limpah se­panjang mu­sim kemarau ini. ”Baik itu nelayan jaring arad dan nelayan perahu mendapat keuntungan yang lumayan,” tuturnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.