Revitalisasi Pasar Parigi Terkendala Utang

121
0
BELUM DIPERBAIKI. Revitalisasi Pasar Parigi Kabupaten Pangandaran masih terkendala utang pemilik ruko ke bank, Senin (25/3). (Deni Nurdiansah / radartasikmalaya.com)

PARIGI – Revitalisasi Pasar Parigi masih terkendala utang piutang pemilik ruko, sehingga pemerintah daerah belum bisa melakukan pembangunan.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Pangandaran Tedi Garnida menegaskan untuk merevitalisasi bangunan pasar harus dihibahkan dulu ke Pemerintah Kabupaten Pangandaran. Akan tetapi proses hibah tersebut terkendala utang pemilik ruko.

”Jadi beberapa pemilik ruko masih punya utang ke bank, totalnya sekitar Rp 100 juta lebih,” ungkapnya kepada Radar, Senin (25/3).

Jika nantinya utang lunas, maka pemerintah akan segera melakukan revitalisasi, setelah pembanguan selesai maka ruko dikembalikan ke pedagang. ”Pedagang akan mendapatkan kembali hak hunian dan bisa berjualan lagi disana,” ujarnya.

Namun, lanjut Tedi, beberapa pemilik ruko yang memiliki utang kini sudah tidak berjualan lagi disana. ”Sekarang, malah kami yang harus menanggungnya, tapi itu jadi sebuah tantangan bagi kami,” tegasnya.

Demi kemaslahatan para pedagang lainnya, kata dia, Pemkab Pangandaran terus berpikir untuk melunasi utang tersebut, sehingga Pasar Parigi bisa direvitalisasi. ”Kita punya pertimbangan-pertimbangan, karena kasihan juga yang masih aktif berdagang,” jelasnya.

Untuk pelunasan utang itu, tambah Tedi, memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karena harus mengatur pos anggaran yang ada. ”Semuanya harus bersabar, segala sesuatu harus dipersiapkan secara matang,” terangnya.

Pengunjung Pasar Parigi Edah Jubaedah (40), menilai kondisi pasar sudah saatnya diperbaiki. Selain itu, jalan yang berada di lingkungan pasar harus diaspal. ”Kalau saya lebih baik jalannya dulu yang diperbaiki, karena kondisinya sudah jelek begini,” pintanya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.