Revitalisasi Situ Bagendit Garut Selesai 2021

138
0
H Rudy Gunawan Bupati Garut

BANYURESMI – Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan revitalisasi objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi akan segera dimulai bulan ini.

Anggaran untuk pembenahan objek wisata ini yang berasal dari pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Barat ini sebesar Rp 104 miliar.

“Pekerjaan proyek ini sudah disesuaikan dengan schedule yang telah ditetapkan yakni 14 bulan. Jadi selesainya bulan Desember 2021,” ujar Rudy kepada wartawan, Rabu (4/11).

Rudy menerangkan, revitalisasi Situ Bagendit itu merupakan program pemerintah pusat yang sudah digagas sebelumnya oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat kunjungannya ke Situ Bagendit pada Januari 2019.

Program pengembangan pariwisata itu, kata dia, tentu menjadi kebanggaan masyarakat Garut karena akan memiliki objek wisata yang megah dan mendunia.

“Kami atas nama masyarakat Kabupaten Garut merasa bangga dan bersyukur dengan adanya pembangunan destinasi wisata Situ Bagendit yang telah kita gagas bersama rencana pembangunannya, ketika Presiden Joko Widodo melaksanakan kunjungan kerja ke Situ Bagendit,” katanya.

Menurut dia, revitalisasi kawasan wisata harus dilakukan karena pariwisata menjadi bagian penting dalam meningkatkan pendapatan ekonomi daerah Kabupaten Garut yang akhirnya bisa menyejahterakan masyarakat sekitar objek wisata.

“Sektor pariwisata telah menjadi bagian penting dalam upaya peningkatan pendapatan ekonomi daerah di Kabupaten Garut sebagaimana termuat dalam amanat Perda,” terangnya.

Ia menambahkan, upaya mendukung program revitalisasi itu, Pemkab Garut telah membebaskan tanah masyarakat seluas 7,5 hektare yang ada di pinggiran Situ Bagendit dengan anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp 22 miliar.

“Kita membebaskan tanah masyarakat kurang lebih 7,5 hektare, yang ada di pinggir Situ Bagendit ini, kalau yang dibangun itu adalah yang di bibir dan di tengah (danau), kami tambah lagi 7,5 hektare,” ujarnya.

Bupati mengimbau perusahaan yang mendapatkan proyek itu agar dalam pelaksanaannya selalu memperhatikan sumber daya yang baik dan kearifan lokal yang ada di daerah tersebut.

“Harapan kami dalam pelaksanaannya senantiasa berkoordinasi dan memanfaatkan sumber daya, baik tenaga kerja maupun material serta selalu memperhatikan kearifan lokal yang ada di wilayah Kecamatan Banyuresmi,” paparnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.