Ribuan APK di Kota Banjar Ditertibkan Petugas Gabungan

47
0

BANJAR – Ribuan Alat Peraga Kampanye (APK) dari berbagai jenis ditertibkan oleh tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Bawaslu, Panwascam dan Dinas Keuangan, Kamis (31/1).

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjar, Irfan Saeful Rohman SH i, mengatakan alat peraga tersebut ditertibkan karena tidak sesuai dengan lokasi pemasangan berdasarkan SK wali kota dan peraturan KPU.

“Berdasarkan isi dari peraturan APK tidak boleh dipasang di pohon, tiang listrik, diluar dan didalam trotoar, tempat ibadah, apalagi di tempat terbuka hijau tidak boleh sama sekali,” ujarnya kepada wartawan disela-sela penertiban APK di Jalan Siliwangi perbatasan Jabar – Jateng.

Menurut dia, alat peraga yang berhasil ditertibkan merupakan barang sitaan yang diamankan oleh Satpol PP.

Namun karena instruksi Wali Kota Banjar saat apel tadi untuk dikumpulkan, supaya bisa diambil oleh parpol sehingga bisa dipasang sesuai tempatnya.

“Semua alat peraga yang ditertibkan baik alat peraga sosialisasi maupun kampanye yang tidak sesuai penempatan. Dan ini akan dilaksanakan selama dua hari,” jelasnya.

Menurut Irfan, penertiban tersebut dibagi dalam tiga tim sesuai dapil masing-masing untuk menyisir APK yang disinyalir tidak sesuai penempatan dan masih banyak terpasang di berbagai titik yang sulit dijangkau.

“Kita himbauan agar pimpinan parpol dapat menyampaikan ke para calegnya, jika membuat dan memasang APK harus mengikuti segala aturan yang telah ditentukan” jelasnya.

Pantauan Radar selama pelaksanaan penertiban APK berjalan lancar dan aman, meski ada dibeberapa titik sempat terjadi kendala namun bisa diatasi oleh tim gabungan. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.