Ribuan Botol Miras Stok Malak Takbir Disita Satpol PP Garut

98
0
RAZIA PEKAT. Ribuan botol minuman keras disita Satpol PP Kabupaten Garut selama Ramadan. Minuman keras itu diduga akan diedarkan pada malam takbir. yana taryana / rakyat garut

TAROGONG KIDUL – Selama Ramadan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Garut menyita ribuan botol minuman keras berbagai jenis dari pedagang di wilayah perkotaan Garut.

“Totalnya ada 6.554 botol miras yang diamankan selama tiga pekan operasi pekat (penyakit masyarakat) di wilayah perkotaan,” ujar Kepala Satpol PP Kabupaten Garut Hendra S Gumilang kepada wartawan di kantornya Senin (27/5).

Selama Ramadan, pihaknya mengintensifkan operasi pekat di seluruh perkotaan Garut dengan sasaran PSK dan miras. “Kami fokuskan dalam operasi pekat ini lebih kepada miras, karena peredaran miras selama Ramadan cenderung meningkat. Jadi kami antisipasi terus,” katanya.

Meningkatnya peredaran miras, kata dia, karena meningkatkan pendistribusian stok miras untuk kebutuhan malam takbir. “Biasanya malam takbir itu kebutuhannya meningkat, jadi di-stok dari sekarang. Buktinya ini miras yang diamankan untuk stok malam takbir,” paparnya.

Hendra menerangkan dari ribuan botol miras, kebanyakan diamankan dari wilayah Kerkof Kecamatan Tarogong Kidul. Para penjual di wilayah tersebut, banyak memanfaafkan kios-kios. “Mereka menyimpan mirasnya di selokan dan tempat sampah untuk mengelabui petugas,” katanya.

Pihaknya mengetahui di lokasi tersebut merupakan tempat penjualan miras setelah adanya laporan dari masyarakat. Sehingga ketika adanya informasi, pihaknya langsung melakukan penggerebekan. “Kami gerebek hanya didapat pengecernya saja, sementara bandarnya tidak diketahui. Kami hanya mengamankan miras dan pengecernya saja,” katanya.

Ia mengatakan razia peredaran miras di wilayah Kabupaten Garut sebenarnya rutin dilakukan. Razia dilakukan sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Garut Nomor 2 Tahun 2008 tentang Anti Perbuatan Maksiat, di antaranya disebutkan bahwa setiap orang dilarang untuk menyimpan dan/atau menyajikan minuman beralkohol, mengonsumsi atau menyalahgunakan minuman beralkohol, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. “Kami intensifkan razia ini, supaya generasi muda dan masyarakat tidak terua diracuni oleh miras,” terangnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.