Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

TNI AL Tanam Ribuan Mangrove di Bojongsalawe Pangandaran

15
0
MENANAM. Sejumlah elemen masyarakat bersama TNI AL melakukan penanaman pohon mangrove di Bojongsalawe Kabupaten Pangandaran Senin (7/10). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya
MENANAM. Sejumlah elemen masyarakat bersama TNI AL melakukan penanaman pohon mangrove di Bojongsalawe Kabupaten Pangandaran Senin (7/10). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – TNI Angkatan Laut (AL) menggelar kegiatan Karya Bhakti dengan menanam ribuan pohon mangrove di Bojongsalawe di Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi. Hal itu dalam rangkaian Hari Ulang Tahun TNI yang ke-74.

Danlanal Bandung Kolonel Laut Sunar Solehudin mengatakan penanaman tersebut serentak di Indonesia, dan Pangandaran menjadi salah satu tempat yang dipilih.

”Di Pangandaran ini rencananya ada 4.500 mangrove yang ditanam,” ujarnya kepada wartawan, Senin (7/10).

Sunar mengatakan penenaman mangrove ini bertujuan untuk konservasi dan menjaga ekosistem lingkungan. ”Ikannya tambah banyak, burungnya tambah banyak, jadi ekosistem di daerah ini bisa terjaga,” jelasnya.

Selain itu, mangrove ini juga diharapkan bisa mencegah terjadinya erosi dan bencana lainya. ”Kalau sudah ada mangrove, terjangan tsunami juga bisa tidak terlalu parah,” tuturnya.

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan bahwa pohon mangrove memang berguna untuk mencegah adanya abrasi pantai, pasang gelombang yang tinggi dan lain-lain. ”Disamping untuk konservasi lain,” terangnya.

Selain itu, mangrove tersebut juga bisa membantu produktifitas nelayan dalam mencari ikan lebih baik lagi. ”Ya kami berterima kasih kepada Danlanal Bandung yang telah membantu penanaman mangrove di Bojongsalawe,” ujarnya.

Iapun berharap masyarakat sekitar juga termotivasi untuk menjaga kestabilan ekosistem di daerah pantai. ”Mangrove ini juga bisa menjadi destinasi wisata yang bagus,” tuturnya.

Selain itu kegiatan tersebut juga melibatkan Polri, OPD, DPRD dan elemen masyarakat lainya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.