Ribuan RTLH Dapat Bantuan Stimulan

467
1

MANGUNREJA – Ribuan rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Tasikmalaya akan mendapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tahun ini. Hal itu diungkapkan Kabid Perumahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten Tasikmalaya Cahyono Rahman saat dihubungi Radar, Jumat (19/7).

Kata dia, rumah tidak layak huni yang akan mendapatkan bantuan BSPS tahun ini sebanyak 2.465 tersebar di 39 kecamatan. “Bantuan ini diberikan untuk menanggulangi warga kurang mampu yang rumahnya tidak layak huni. Sehingga dengan bantuan stimulan ini bisa menjadikan rumahnya lebih layak,” katanya, menjelaskan.

Lanjut dia, masing-masing penerima akan mendapatkan bantuan Rp 17,5 juta. Rinciannya Rp 15 juta untuk pembelanjaan material dan Rp 2,5 juta untuk HOK. Jumlah tersebut berbeda dengan tahun lalu, besarannya Rp 15 juta, Rp 12,5 juta untuk pembelanjaan material dan Rp 2,5 juta untuk HOK. “Total bantuan rumah untuk BSPS tahun ini sekitar Rp 43 miliar lebih,” ujarnya.

Tambah dia, bantuan ini merupakan stimulan. Maka dari itu, pihaknya meminta masyarakat sekitar ikut serta membantu dan bergotong royong. Sehingga bantuan yang diberikan bisa benar-benar mencukupi untuk membangun rumah yang lebih layak. “Mudah-mudahan ada dampak ketika rumah menjadi layak huni, artinya tingkat ekonomi warga yang dibantu bisa lebih meningkat,” harapnya.

Dia juga mengimbau warga yang belum mendapatkan bantuan untuk bersabar. Karena, setiap tahunnya terus diusulkan supaya tak ada lagi rumah yang tidak layak huni. “Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat,” ujarnya. (obi)

loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.