Beranda Ciamis Roboh, Pohon Petai Timpa Rumah Satibi

Roboh, Pohon Petai Timpa Rumah Satibi

119
BERBAGI
SINGKIRKAN POHON. Petugas gabungan dari TNI, Tagana dan warga berupaya menyingkirkan pohon petai yang menimpa rumah Satibi Rabu sore (16/5). foto; istimewa

PANAWANGAN – Pohon petai ukuran besar menimpa rumah permanen ukuran 7×9 meter milik Satibi (65), di Dusun Jagabaya II RT 1/4 Desa Jagabaya Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis.

Bencana itu terjadi Rabu sore (16/5) sekitar pukul 16.00, saat turun hujan lebat disertai angin kencang.

Siapa presiden pilihan mu nanti di 2019 ?

Sani (40) tetangga korban mengatakan sore itu pohon petai tiba-tiba roboh menimpa bagian atap rumah Satibi.

Pemilik rumah langsung menyelamatkan diri saat kejadian. Kamis pagi (17/5), rumah Satibi diperbaiki warga secara bergotong royong.

“Saat itu juga warga membantu evakuasi. Memotong pohon tumbang. Nah, pada Kamis pagi gotong royong perbaiki rumah,” katanya saat dihubungi melalui telepon kemarin.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya membenarkan adanya kejadian tersebut.

Anggota Tagana bersama masyarakat dan TNI telah memotong pohon petai tersebut dengan mesin gergaji beberapa saat setelah kejadian.

Hal itu dilakukan sampai malam. Kamis pagi, petugas gabungan memperbaiki atap rumah Satibi yang rusak.

“Makanya kami ingatkan kepada masyarakat Kabupaten Ciamis, mengingat seringkali terjadi hujan di sore hari, agar meningkatkan kewaspadaan. Bila ada pohon dekat rumah alangkah baiknya pangkas saja,” imbaunya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis Ani Supiani menuturkan pihaknya telah mengirimkan bantuan kepada keluarga Satibi. Bantuan yang dikirim berupa sembako, selimut dan terpal.

“Bersyukur upaya masyarakat gotong royong hingga pagi, rumah korban bisa diperbaiki,” ucapnya.

(iman s rahman)

loading...