Rp 1,3 Miliar untuk Pilkades Serentak

24

CIAMIS – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2018 serentak akan dilaksanakan pada 18 November yang diikuti oleh 40 desa dari 22 kecamatan. Dana untuk pesta demokrasi ini sudah dialokasikan sekitar Rp 1,3 miliar.

Setiap desa akan mendapatkan kucuran anggaran dengan nilai berbeda-beda. Tergantung jumlah hak pilih di desa tersebut. Ada yang mendapatkan Rp 43 juta dan yang paling sedikit Rp 30 juta. “Kami berharap saat pelaksanaannya nanti bisa berjalan lancar dan tetap kondusif,” terang Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis Ace Bastaman kepada Radar, Rabu (3/10).

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 65 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pilkades, calon kepala desa (kades) tidak perlu berasal dari desa setempat. Jadi boleh dari luar daerah. “Aturan itu sudah jelas dan terbuka untuk siapa saja yang akan mencalonkan,” papar Ace.

Calon Kepala Desa Kadupandak Kecamatan Tambaksari Jana Sujana siap bertarung untuk meraih kemenangan dalam pilkades. Pada pencalonan yang kedua kalinya ini, dia akan berkomitmen untuk memajukan pembangunan desa. “Kami tentunya berharap bisa lancar dan aman saat pilkades nanti,” jelas dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.